Sukses


9 Dalil tentang Amanah yang Perlu Diteladani

Bola.com, Jakarta - Amanah adalah konsep penting dalam Islam yang mengacu pada kepercayaan, kejujuran, dan tanggung jawab.

Amanah juga memiliki makna sebagai kepercayaan yang diberikan kepada seseorang untuk menjaga, melindungi, dan mengelola sesuatu dengan sebaik mungkin.

Dalam kehidupan sehari-hari, amanah mencakup aspek moral dan etika, di mana seseorang diharapkan untuk selalu memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan kepercayaan dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Memegang teguh nilai amanah berarti seseorang akan menjadi orang yang dapat dipercaya, jujur, dan dapat diandalkan oleh orang lain.

Selain itu, dengan memahami dan melaksanakan konsep amanah, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman, adil, dan penuh kepercayaan di tengah masyarakat.

Amanah tidak hanya terbatas pada hubungan antara manusia, tetapi juga mencakup hubungan seseorang dengan Allah Swt.

Ada banyak dalil yang menjelaskan tentang amanah, baik tercantum dalam Al-Qur'an maupun hadis.

Berikut sembilan dalil tentang amanah yang perlu diteladani umat muslim, Rabu (31/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Amanah

Dalil tentang Amanah (1)

"Tidak sempurna keimanan bagi orang yang tidak amanah, dan tidak sempurna agama seseorang bagi yang tidak memenuhi janji." (HR. Ahmad)

Dalil tentang Amanah (2)

"Tidaklah Nabi Muhammad saw. berkhotbah kepada kami, melainkan beliau bersabda: Tidak ada iman bagi orang yang tidak memiliki (sifat) amanah, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janjinya." (HR. Muslim)

Dalil tentang Amanah (3)

"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. An Nisa: 58)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Amanah

Dalil tentang Amanah (4)

"Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung; tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya. Lalu, dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya ia (manusia) sangat zalim lagi sangat bodoh." (QS. Al Ahzab: 72)

Dalil tentang Amanah (5)

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati (amanah atau amanah) Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu dengan sengaja melanggar amanahmu." (QS. Anfal: 27)

Dalil tentang Amanah (6)

"Tunaikanlah amanah kepada orang yang memercayaimu dan jangan engkau mengkhianati orang yang mengkhianatimu!" (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Amanah

Dalil tentang Amanah (7)

"Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya." (QS. Al Mukminun: 8)

Dalil tentang Amanah (8)

"Dari Abu Hurairah menyatakan bahwa Rasulullah bersabda: 'Jika amanah telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.’ Kemudian ada seorang sahabat yang bertanya: 'Bagaimana maksud amanat disia-siakan, ya Rasulullah?' Beliau menjawab: 'Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya maka tunggulah kehancuran itu'." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Amanah (9)

"Rasulullah saw. bersabda: 'Apabila seseorang membicarakan sesuatu kepada orang lain (sambil) menoleh kanan kiri (karena yang dibicarakannya itu rahasia) maka itulah amanah (yang harus dijaga)'." (HR. Abu Daud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer