Sukses


9 Cara Menghilangkan Kesemutan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Memahami cara menghilangkan kesemutan adalah hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Kesemutan dapat terjadi akibat tekanan pada saraf, kurangnya peredaran darah, atau akibat posisi tubuh yang tidak benar.

Kesemutan yang terjadi jika dibiarkan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan kesemutan.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kesemutan adalah dengan melakukan gerakan atau stretching yang dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Selain itu, penting untuk memperhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar agar tidak menekan saraf-saraf yang menyebabkan kesemutan. Peregangan otot atau senam juga dapat membantu mengurangi kesemutan.

Dengan mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan kesemutan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik.

Berikut sembilan cara menghilangkan kesemutan yang perlu diketahui, Jumat (2/2/2024).

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Kesemutan

1. Gerakan Tubuh Secara Teratur

Ketika duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, pastikan untuk melakukan gerakan tubuh secara teratur untuk mengurangi tekanan pada saraf dan pembuluh darah.

2. Peregangan

Lakukan peregangan pada bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan seperti leher, bahu, dan pinggul untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada saraf.

3. Mengatur Posisi Tidur

Posisi tidur yang tepat dapat membantu mengurangi kesemutan, hindari tidur dengan posisi yang memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh tertentu.

4. Hindari Tekanan Berlebih

Hindari tekanan berlebih pada saraf dengan menggunakan bantalan atau alas yang tepat saat duduk atau berbaring untuk mengurangi kesemutan.

5. Hindari Suhu Ekstrem

Hindari suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas karena dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan kesemutan.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Kesemutan

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B dalam diet sehari-hari untuk membantu memperbaiki sistem saraf dan mengurangi kesemutan.

7. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari untuk memastikan tubuh dalam kondisi yang optimal dan mengurangi kemungkinan kesemutan.

8. Hindari Stres

Stres dapat memengaruhi aliran darah dan sistem saraf sehingga hindari stres berlebih untuk mengurangi kesemutan.

9. Konsultasi dengan Dokter

Jika kesemutan terjadi secara terus-menerus atau berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer