Sukses


Macam-Macam Kewajiban Pejalan Kaki sebagai Pengguna Jalan

Bola.com, Jakarta - Pejalan kaki adalah seseorang yang melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai sarana transportasi. Aktivitas ini umumnya dilakukan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kaki sebagai alat utama.

Pejalan kaki dapat ditemui di berbagai tempat, dari area perkotaan hingga pedesaan.

Aktivitas berjalan kaki ini juga dianggap sebagai cara yang efektif dan ramah lingkungan untuk beraktivitas di luar ruangan.

Beberapa ciri dari pejalan kaki adalah mereka sering kali menggunakan trotoar atau jalur khusus pejalan kaki yang telah disediakan oleh pemerintah. Selain itu, pejalan kaki dapat menggunakan lintasan khusus, seperti jembatan penyeberangan, jalur hijau, atau taman-taman kota.

Aktivitas jalan kaki dapat memberikan manfaat kesehatan bagi individu karena merupakan olahraga ringan yang menyehatkan.

Dalam perkembangannya, kegiatan berjalan kaki makin ditingkatkan dengan adanya gerakan-gerakan pedalaman untuk mengurangi polusi udara dan meminimalkan kemacetan lalu lintas. Kegiatan pejalan kaki juga berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memperindah kota.

Sebagai penjalan kaki, penting juga memahami kewajiban ketika melakukan aktivitas tersebut sehingga kegiatan berjalan kaki dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Apa saja kewajiban itu? Berikut penjelasan macam-macam kewajiban pejalan kaki sebagai pengguna jalan, Selasa (6/2/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Kewajiban Pejalan Kaki sebagai Pengguna Jalan

Menyeberang di Tempat yang Tepat

Pejalan kaki seharusnya menyeberang jalan di tempat yang ditentukan, seperti zebra cross atau perlintasan pejalan kaki. Hal ini membantu mengurangi risiko kecelakaan dengan kendaraan.

Menunggu Isyarat Lampu Lalu Lintas

Apabila ada lampu lalu lintas atau pedestrian crossing signal, pejalan kaki sebaiknya menunggu isyarat yang tepat untuk menyeberang. Menyusuri peraturan lalu lintas akan membantu menjaga keselamatan.

Perhatian terhadap Kendaraan

Pejalan kaki harus tetap waspada terhadap kendaraan yang bergerak di sekitarnya. Selalu periksa kedua arah sebelum menyeberang jalan dan hindari bersikap sembarangan yang dapat menimbulkan risiko.

Jangan Berjalan di Jalan Raya

Pejalan kaki seharusnya tidak berjalan di badan jalan raya, terutama jika ada trotoar atau jalur khusus pejalan kaki yang tersedia. Ini membantu menghindari kemungkinan kecelakaan.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Kewajiban Pejalan Kaki sebagai Pengguna Jalan

Hindari Menggunakan Ponsel Seluler

Saat menyeberang atau berjalan di sepanjang jalan, pejalan kaki sebaiknya menghindari menggunakan ponsel seluler atau perangkat lain yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari lalu lintas.

Taat pada Rambu Lalu Lintas

Patuhi semua rambu lalu lintas dan tanda-tanda yang ada di sekitar jalan. Rambu memberikan petunjuk yang penting untuk keselamatan pejalan kaki dan semua pengguna jalan.

Berhati-hati di Perlintasan Tanpa Rambu

Meski di tempat-tempat tertentu tidak terdapat rambu perlintasan, pejalan kaki tetap harus berhati-hati saat menyeberang jalan dan memberikan prioritas kepada kendaraan yang sedang melintas.

Jangan Membahayakan Diri Sendiri atau Orang Lain

Pejalan kaki memiliki tanggung jawab untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain di sekitarnya.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer