Sukses


5 Hadis tentang Syirik yang Penting Umat Muslim Renungkan

Bola.com, Jakarta - Kata syirik berasal dari "syaraka", yang berarti mencampurkan dua atau lebih benda, hal yang tidak sama seolah-olah sama.

Syirik adalah menyekutukan Allah Swt. dengan yang lainnya. Seakan-akan ada yang Mahakuasa di samping Allah Swt. Adapun contohnya dengan menyembah patung, tempat-tempat keramat dan kuburan.

Memelihara kepercayaan terhadap peninggalan-peninggalan nenek moyang yang diyakini menentukan jalan kehidupan juga termasuk syirik.

Syirik merupakan pangkal dari segala kejahatan. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Al-Qur'an surah An Nisa ayat 48, yang artinya:

"Sesungguhnya Allah Swt. tidak akan mengampunkan dosa syirik mempersekutukan-Nya (dengan sesuatu apa jua), dan akan mengampunkan dosa yang lain dari itu bagi sesiapa yang dikehendaki-Nya (menurut aturan syariat-Nya). Dan sesiapa yang mempersekutukan Allah Swt. (dengan sesuatu yang lain), maka sesungguhnya ia telah melakukan dosa yang besar”.

Selain surah Al-Qur'an, ada juga sejumlah hadis yang menyebutkan tentang syirik. Ini menunjukkan betapa bahayanya syirik bagi umat muslim.

Berikut lima hadis tentang syirik yang penting umat muslim renungkan, Selasa (6/2/2024).

2 dari 6 halaman

Hadis tentang Syirik (1)

"Aku adalah sekutu yang Mahacukup, sangat menolak perbuatan syirik. Barang siapa yang mengerjakan suatu amal yang dicampuri dengan perbuatan syirik kepada-Ku maka Aku tinggalkan dia dan (Aku tidak terima) amal kesyirikannya." (HR. Muslim, Ibnu Majah)

3 dari 6 halaman

Hadis tentang Syirik (2)

"Takutlah kalian kepada syirik kecil. Para sahabatnya bertanya: Wahai utusan Allah, apa yang sejatinya dimaksud dengan syirik kecil itu?" Rasulullah berujar, Yaitu sifat riya (pamer diri). Kelak di hari pembalasan, Allah mengatakan kepada mereka yang memiliki sifat riya. Pergilah kalian kepada mereka, di mana kalian dulu pernah memperlihatkan amal kalian kepada mereka semasa hidup di dunia. Lihatlah apakah kalian memperoleh imbalan pahala dari mereka?" (HR. Ahmad)

4 dari 6 halaman

Hadis tentang Syirik (3)

"Haruskah aku sampaikan tentang apa yang aku takuti daripada fitnah Dajal?" Sahabat menjawab, Ya. Lalu Nabi Muhammad saw. bersabda, Syirik tersembunyi, di mana seorang pemuda berdiri menunaikan salat ketika dia dilihat oleh orang lain." (HR. Ahmad)

5 dari 6 halaman

Hadis tentang Syirik (4)

"Siapa yang mengerjakan salat untuk dilihat orang, ia telah berbuat syirik, dan siapa yang berpuasa untuk dilihat orang maka ia telah berbuat syirik, dan siapa yang bersedekah untuk dilihat orang maka ia telah berbuat syirik." (HR. Ahmad)

6 dari 6 halaman

Hadis tentang Syirik (5)

"Barang siapa bersumpah dengan nama selain Allah maka ia telah berbuat kufur atau syirik." (HR At Tirmidzi, Al Hakim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer