Sukses


9 Manfaat Rajin Berolahraga untuk Para Lansia

Bola.com, Jakarta - Kesehatan adalah aspek penting yang harus dijaga, terutama saat memasuki usia lanjut. Satu di antara cara untuk menjaga kesehatan para lansia adalah dengan rajin berolahraga.

Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan para lansia. Hal ini di antaranya dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kekuatan otot dan tulang, serta membantu menjaga berat badan yang sehat.

Selain itu, berolahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Kemudian dengan berolahraga, para lansia dapat mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan stres.

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur dan daya tahan tubuh. Bisa berolahraga secara teratur akan membuat tubuh para lansia lebih siap menghadapi berbagai penyakit dan infeksi.

Tidak hanya itu, berolahraga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para lansia. Tubuh yang lebih sehat dan bugar bisa membuat para lansia dapat menjalani berbagai aktivitas sehari-hari dengan lebih lancar dan nyaman.

Berikut sembilan manfaat rajin berolahraga untuk para lansia, Sabtu (10/2/2024).

2 dari 3 halaman

Manfaat Rajin Berolahraga untuk Para Lansia

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung pada para lansia dengan meningkatkan denyut jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Melalui olahraga, para lansia dapat meningkatkan kekuatan otot dan menjaga ketahanan tubuh agar tetap kuat dan seimbang.

3. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Dengan olahraga teratur, para lansia dapat mempertahankan keseimbangan dan koordinasi tubuh sehingga dapat mengurangi risiko terjerat dan kecelakaan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental, seperti mengurangi stres dan depresi, serta meningkatkan kebahagiaan dan kualitas tidur.

5. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Olahraga dapat membantu para lansia untuk mempertahankan fleksibilitas tubuh sehingga dapat mengurangi risiko cedera dan memudahkan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rajin Berolahraga untuk Para Lansia

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan olahraga teratur, para lansia dapat menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Olahraga dapat membantu para lansia untuk tetap aktif dan mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melalui olahraga, para lansia dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

9. Memperpanjang Umur

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memperpanjang umur pada para lansia dengan menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer