Sukses


7 Hadis tentang Tolong-Menolong yang Bisa Diresapi

Bola.com, Jakarta - Tolong-menolong, terutama antasesama muslim memiliki kedudukan yang tinggi dan sangat ditekankan dalam agama Islam.

Tolong menolong tidak hanya sebatas ucapan di bibir saja, tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tolong-menolong bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti memberi makan kepada yang lapar, memberi minum kepada yang haus, hingga memberikan bantuan moral dan dukungan untuk sesama muslim yang sedang mengalami kesulitan.

Dengan tolong-menolong, umat muslim diharapkan dapat hidup dalam harmoni, kebersamaan, dan saling peduli terhadap sesama sehingga dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

"Saling menolonglah kamu dalam melakukan kebajikan dan takwa. Dan jangan saling menolong pada perbuatan yang dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah Swt. Sebenarnya siksaan Allah Swt. sangatlah pedih." (QS. Al Maidah: 2)

Ada banyak hadis yang membahas tentang tolong-menolong yang bisa diresapi umat muslim.

Berikut tujuh hadis tentang tolong-menolong, Selasa (13/2/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Tolong-Menolong

Hadis tentang Tolong-Menolong (1)

"Barang siapa menghilangkan satu kesulitan dari seorang mukmin ketika di dunia maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan di akhirat. Barang siapa yang menutupi keburukan seorang muslim, Allah akan menutupi keburukannya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Tolong-Menolong (2)

"Tolonglah saudaramu, yang berbuat zalim maupun yang dizalimi. Para sahabat bertanya, Ya Rasulullah, ini (kami paham) menolong orang yang dizalimi. Namun, bagaimana menolong orang yang justru menzalimi?" Rasulullah saw. menjawab, "Ambil tangannya (agar tidak berbuat zalim lagi)". (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Tolong-Menolong

Hadis tentang Tolong-Menolong (3)

"Perumpamaan kaum mukmin dalam saling cinta, saling mengasihani, dan belas kasih mereka bagaikan satu jasad. Apabila satu anggotanya sakit maka seluruh tubuh akan merasakan tidak bisa tidur dan demam." (HR. Muslim)

Hadis tentang Tolong-Menolong (4)

"Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagai sebuah bangunan yang sebagiannya mengokohkan sebagian yang lain." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Tolong-Menolong (5)

"Yaitu manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain. Sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapus kesusahan orang lain, atau melunasi utang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri’tikaf di masjidku ini selama satu bulan." (HR. Thabrani)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Tolong-Menolong

Hadis tentang Tolong-Menolong (6)

"Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain." (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi)

Hadis tentang Tolong-Menolong (7)

"Barang siapa menolong orang yang sangat membutuhkan maka Allah mencatatnya sebanyak 73 ampunan. Satu ampunan terdapat kebaikan semua masalahnya, yang 72 (menaikkan) derajatnya pada hari kiamat." (HR. Bukhari, Baihaqi)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer