Sukses


Macam-Macam Sifat Malaikat beserta Penjelasannya dalam Al-Qur'an

Bola.com, Jakarta - Malaikat dikenal sebagai makhluk yang taat dan setia dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan oleh Allah.

Dalam agama Islam, malaikat juga diceritakan sebagai makhluk yang tidak pernah melakukan kesalahan atau dosa. Sebab, malaikat tidak diliputi oleh hawa nafsu dan keinginan duniawi, yang menjadikannya makhluk yang sempurna dan suci, sangat berbeda dengan manusia.

Berdasarkan ajaran agama Islam, malaikat memiliki berbagai sifat mulia, yang membedakannya dengan manusia dan makhluk Allah Swt. lainnya.

Berikut ini beberapa contoh sifat malaikat beserta penjelasannya, yang disebutkan dalam Al-Qur'an, Rabu (21/2/2024).

2 dari 5 halaman

Sifat Malaikat beserta Penjelasannya

1. Mulia

Malaikat adalah makhluk yang mulia. Allah Swt. berfirman:

بِاَيْدِيْ سَفَرَةٍۙ ١٥ كِرَامٍۢ بَرَرَةٍۗ ١٦

"Di tangan para utusan (malaikat) yang mulia lagi berbudi." (QS. Abasa: 15-16)

Kemuliaan malaikat juga disebutkan dalam surah Al Anbiya ayat 26. Allah Swt. berfirman:

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمٰنُ وَلَدًا سُبْحٰنَهٗ ۗبَلْ عِبَادٌ مُّكْرَمُوْنَ ۙ ٢٦

"Mereka berkata, Tuhan Yang Maha Pengasih telah menjadikan (malaikat) sebagai anak." Mahasuci Dia. Sebaliknya, mereka (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan."

2. Utusan Allah

Malaikat merupakan utusan Allah Swt. Allah Swt. berfirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ١

"Segala puji bagi Allah, pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap. Masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Dia menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Fatir: 1)

3 dari 5 halaman

Sifat Malaikat beserta Penjelasannya

3. Bergerak Cepat

Malaikat memiliki banyak keutamaan, satu di antaranya yakni dapat bergerak secepat kilat. Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur'an surah An Naziyat ayat 3-4,

وَّالسّٰبِحٰتِ سَبْحًاۙ ٣ فَالسّٰبِقٰتِ سَبْقًاۙ ٤

"Demi (malaikat) yang cepat (menunaikan tugasnya) dengan mudah, (malaikat) yang bergegas (melaksanakan perintah Allah) dengan cepat."

Kemudian, sifat malaikat ini juga dijelaskan Allah Swt. dalam firman-Nya surah Al Mursalat ayat 1-2:

وَالْمُرْسَلٰتِ عُرْفًاۙ ١ فَالْعٰصِفٰتِ عَصْفًاۙ ٢

"Demi (malaikat-malaikat) yang diutus untuk membawa kebaikan dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencang."

4. Tidak Memiliki Jenis Kelamin

Malaikat adalah makhluk yang terbuat dari cahaya dan mustahil memiliki jenis kelamin.

Pendapat tersebut karena jenis kelamin hanya disematkan dan berlaku untuk sesuatu yang bersifat material, sementara malaikat bersifat ruhani.

4 dari 5 halaman

Sifat Malaikat beserta Penjelasannya

5. Tidak Memiliki Hawa Nafsu

Sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah tidak memiliki hawa nafsu. Malaikat tidak memiliki keinginan yang bersifat fisik dan kebutuhan yang bersifat material.

Mereka tidak menikah atau beranak, tidak makan, minum, dan tidur seperti manusia.

6. Selalu Taat dan Takut kepada Allah

Malaikat adalah makhluk yang selalu taat kepada Allah Swt. Malaikat juga termasuk makhluk yang takut kepada Allah Swt.

Dalam Al-Qur'an surah At Tahrim ayat 6 dijelaskan:

لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

"... yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

Allah Swt. juga berfirman:

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ ٤٩ يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ ࣖ ۩ ٥٠

"Hanya kepada Allah bersujud segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, yaitu semua makhluk yang bergerak (bernyawa). Para malaikat (juga bersujud) dan mereka tidak menyombongkan diri. Mereka takut kepada Tuhan mereka yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)." (QS. An Nahl: 49-50)

5 dari 5 halaman

Sifat Malaikat beserta Penjelasannya

7. Disiplin

Malaikat adalah makhluk yang teratur dalam beribadah. Hal ini dikabarkan Rasulullah saw. kepada umatnya agar meniru sifat malaikat tersebut. Rasulullah saw. bersabda:

"Tidaklah kalian berbaris sebagaimana barisan para malaikat di sisi Tuhan mereka? Para sahabat menjawab, 'Bagaimana para malaikat berbaris di sisi Tuhan?' Rasulullah bersabda, 'Mereka sempurnakan barisan pertama kemudian baris selanjutnya dan mereka rapatkan barisan." (HR. Jamaah, kecuali Imam Bukhari)

Malaikat juga berdiri di hadapan Allah Swt. dengan berbaris, sebagaimana Dia berfirman:

يَوْمَ يَقُوْمُ الرُّوْحُ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ صَفًّاۙ لَّا يَتَكَلَّمُوْنَ اِلَّا مَنْ اَذِنَ لَهُ الرَّحْمٰنُ وَقَالَ صَوَابًا ٣٨

"Pada hari ketika Rūḥ dan malaikat berdiri bersaf-saf. Mereka tidak berbicara, kecuali yang diizinkan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih dan dia mengatakan yang benar." (QS An Naba: 38)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer