Sukses


Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket

Bola.com, Jakarta - Passing atau mengoper dalam permainan bola basket merupakan satu di antara skill yang penting untuk dikuasai. Kemampuan mengoper secara tepat dan efektif dapat memengaruhi hasil pertandingan.

Hal ini menjadi penting karena mengoper memungkinkan tim untuk memperlancar aliran bola dan menciptakan peluang skoring.

Dalam bola basket, sering kali terjadi situasi di mana seorang pemain harus memberikan umpan kepada rekan satu timnya untuk mencetak gol.

Kemampuan untuk melakukan passing yang baik dapat mengubah dinamika permainan dan memberikan keunggulan bagi tim.

Dengan mengoper secara baik, tim akan lebih mudah menciptakan kesempatan tembakan yang menguntungkan. Selain itu, mengoper yang baik juga mencerminkan kualitas kerja sama dan komunikasi antarpemain.

Mampu mengoper secara presisi membuat tim dapat menciptakan momentum yang positif dan meningkatkan kepercayaan diri dalam permainan.

Ada berbagai teknik passing dalam permainan bola basket yang perlu dikuasai. Apa saja tekniknya?

Berikut macam-macam teknik passing dalam permainan basket, Jumat (23/2/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket

Chest Pass (Pass Dada)

Pemain melempar bola langsung ke dada rekan setimnya dengan kedua tangan. Ini adalah passing dasar dan paling umum.

Bounce Pass (Pass Pantulan)

Teknik ini dilakukan dengan cara bola dilempar ke arah rekan setim dengan cara membuat bola memantul di lantai sebelum mencapai penerima. Teknik biunce pass cocok digunakan untuk melewati pemain bertahan yang berdiri tegak.

Overhead Pass (Pass Atas Kepala)

Pemain melempar bola di atas kepala dengan satu atau dua tangan. Teknik tersebut sering digunakan untuk melewati pemain yang berada di antara pemain pengirim dan penerima.

Baseball Pass (Pass Seperti Melempar Bola Baseball)

Teknik baseball pass dilakukan dengan cara pemain melempar bola dengan gerakan seperti melempar bola baseball. Teknik ini biasanya digunakan untuk melewati area yang lebih jauh dengan cepat.

Wraparound Pass (Pass Mengelilingi Pemain Bertahan)

Praktik dari teknik wraparound pass ialah pemain melewati bola di sekitar pemain bertahan untuk mencapai rekan setimnya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket

No-Look Pass (Pass Tanpa Melihat)

Pemain melempar bola tanpa melihat ke arah rekan setimnya. Teknik ini sering digunakan untuk mengecoh pemain bertahan.

Behind-the-Back Pass (Pass Lewat Belakang)

Cara melakukan Passing ini yakni dengan menaruh bola di belakang punggung dan dengan cepat melepaskan bola ke rekan setim. Teknik tersebut merupakan gaya passing yang estetis.

Outlet Pass (Pass Keluar Dari Pertahanan)

Outlet Pass digunakan setelah memenangkan rebound untuk segera melemparkan bola ke rekan setim yang sudah berada di posisi ofensif.

Touch Pass (Pass Kilat)

Teknik touch pass dilakukan dengan cara bola dilemparkan tanpa dipegang lama oleh pemain. Teknik ini melibatkan sentuhan cepat untuk mengarahkan bola ke rekan setim.

Alley-Oop Pass

Pemain melempar bola ke arah ring sambil rekan setimnya melompat tinggi untuk menangkap dan mencetak poin dalam satu gerakan.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer