Sukses


Macam-Macam Makanan yang Harus Dihindari setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Ketika kita selesai melakukan olahraga, penting untuk memperhatikan apa yang kita makan setelahnya. Beberapa makanan dapat mengurangi manfaat dari latihan yang sudah dilakukan, bahkan dapat mengganggu proses pemulihan tubuh.

Makanan yang tinggi lemak trans dan makanan cepat saji sebaiknya dihindari setelah olahraga karena dapat membuat proses penyembuhan otot menjadi lambat.

Begitu juga dengan makanan tinggi gula, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan membuat tubuh cepat mengalami kelelahan. 

Dengan menjaga pola makan yang tepat setelah olahraga, kita dapat memastikan bahwa tubuh mendapatkan manfaat maksimal dari latihan yang dilakukan.

Berikut macam-macam makanan yang harus dihindari setelah olahraga, Sabtu (24/2/2024).

2 dari 3 halaman

Makanan yang Harus Dihindari setelah Olahraga

1. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi sehingga menghambat proses pemulihan tubuh setelah olahraga.

2. Makanan manis dan berkalori tinggi

Makanan manis dan berkalori tinggi seperti kue dan es krim dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis, yang dapat menyebabkan penurunan energi setelah olahraga.

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengganggu proses rehidrasi dan merusak otot setelah olahraga, serta menurunkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki diri.

4. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung dan gangguan pada sistem pencernaan setelah olahraga, yang dapat mengganggu proses pemulihan tubuh.

5. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat seperti sayuran mentah dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman setelah olahraga, mengganggu proses pemulihan tubuh.

3 dari 3 halaman

Makanan yang Harus Dihindari setelah Olahraga

6. Makanan tinggi gula buatan

Makanan tinggi gula buatan seperti minuman bersoda dapat mengganggu kadar gula darah, energi, dan pemulihan tubuh setelah olahraga.

7. Makanan tinggi sodium

Makanan tinggi sodium seperti makanan olahan dapat meningkatkan retensi air dan tekanan darah, mengganggu proses pemulihan tubuh setelah olahraga.

8. Makanan tinggi protein berlemak

Makanan tinggi protein berlemak seperti daging berlemak dapat memperlambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi, mengganggu pemulihan tubuh setelah olahraga.

9. Makanan olahan

Makanan olahan mengandung banyak tambahan bahan kimia dan pengawet yang dapat mengganggu pemulihan tubuh setelah olahraga dan meningkatkan risiko peradangan.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer