Sukses


Contoh Upaya Pemanfaatan Laut untuk Meningkatkan Perekonomian

Bola.com, Jakarta - Pemanfaatan laut telah menjadi satu di antara strategi penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara.

Banyak negara yang telah melakukan upaya pemanfaatan laut demi memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan perekonomian.

Seperti diketahui, laut merupakan satu di antara sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan, khususnya untuk meningkatkan perekonomian suatu negara.

Indonesia termasuk negara yang diuntungkan akan hal itu. Sebab, Indonesia dikenal sebagai negara maritim, kekuatan Indonesia terletak pada wilayah lautnya yang luas. Tak hanya luas, tetapi juga kaya akan sumber daya laut.

Maka, sudah waktunya untuk mencari upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian. Dengan begitu, hal ini tak hanya meningkatkan perekonomian daerah tertentu saja, melainkan juga perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan potensi laut guna meningkatkan perekonomian.

Berikut contoh upaya pemanfaatan laut untuk meningkatkan perekonomian, Jumat (30/2/2024).

2 dari 4 halaman

Contoh Upaya Pemanfaatan Laut untuk Meningkatkan Perekonomian

1. Mengembangkan Budidaya Hasil Laut

Kendati hasil laut seperti ikan, kerang, dan hewan laut lainnya sangat berlimpah, berbagai faktor dapat menyebabkan stok hasil laut menipis pada suatu daerah.

Agar hasil laut dalam terus meningkatkan perekonomian, kita harus mengembangkan budidaya hasil laut. 

Pembudidayaan dilakukan agar hasil laut terus tersedia, menghindari musim paceklik, keanekaragaman hayati terjaga, memenuhi pasokan bahan pangan, dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

2. Mengoptimalkan Transportasi Laut

Laut adalah satu di antara jalur transportasi yang juga penting bagi kegiatan ekonomi. Selama ini, di Indonesia jalur transportasi laut diniai mampu membantu meningkatkan akses terhadap daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi darat, dan tentunya membantu mengurangi kemacetan lalu lintas.

3 dari 4 halaman

Contoh Upaya Pemanfaatan Laut untuk Meningkatkan Perekonomian

3. Pengembangan Industri Garam

Upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian selanjutnya adalah pengembangan industri garam. Garam adalah mineral yang dikonsumsi hampir setiap hari oleh manusia.

Garam juga digunakan dalam berbagai jenis industri. Adapun garam berasal dari air laut sehingga pengembangan industri garam dapat turut meningkatkan perekonomian.

4. Menjadikan sebagai Sumber Penelitian

Kita semua tahu bahwa laut Indonesia sangatlah kaya. Jika hal tersebut dimanfaatkan untuk penelitian pastinya akan dapat membantu meningkatkan perekonomian, terutama di bidang teknologi dan industri.

Nantinya, penelitian tersebut dapat menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan di berbagai bidang, seperti pengolahan makanan, teknologi penyimpanan energi, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Contoh Upaya Pemanfaatan Laut untuk Meningkatkan Perekonomian

5. Mengembangkan Potensi Pariwisata

Laut dapat menjadi objek wisata yang menarik perhatian banyak turis, baik dari dalam negeri atau wisatawan asing.

Dengan mengembangkan potensi laut sebagai tempat pariwisata, negara juga dapat membuka peluang usaha baru bagi kehidupan masyarakat di sekitar laut.

Selama proses pengembangannya, pemerintah harus terus waspada agar keindahan laut tetap terjaga ketika dimanfaatkan sebagai sumber perekonomian negara.

6. Mengembangkan Teknik dan Teknologi Penangkapan Ikan

Sebagai sumber perekonomian negara yang potensial, masyarakat Indonesia harus tahu dengan teknik dan teknologi penangkapan ikan yang benar. Ini dilakukan agar proses penangkapan tidak dilakukan secara sembarangan yang bisa merusak keberadaan biota laut.

Tidak hanya untuk melindungi laut saja, pengembangan teknik dan teknologi penangkapan ikan ini bisa membantu nelayan dalam menangkap hasil laut dengan lebih efektif sehingga perekonomian negara meningkat pesat.

 

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer