Sukses


11 Jenis Bunga Tabur untuk Ziarah Kubur yang Umum Ditemui

Bola.com, Jakarta - Ziarah kubur atau nyekar adalah tradisi yang umum dilakukan oleh masyarakat di Indonesia sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur sering dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu, seperti menjelang Ramadan, Hari Raya Idulfitri, dan peringatan hari kematian seseorang.

Saat melaksanakan tradisi ini, kita sering membawa bunga sebagai bentuk penghormatan dan penghias makam.

Ada berbagai jenis bunga yang banyak digunakan dalam ziarah kubur. Pemilihan jenis bunga dapat mencerminkan makna dan pesan yang ingin disampaikan kepada orang yang telah meninggal.

Bunga-bunga tersebut mewakili simbol-simbol penghormatan, keberanian, kesucian, keabadian, harapan, dan pengakuan terhadap siklus kehidupan.

Berikut 11 jenis bunga tabur untuk ziarah kubur yang umum ditemui, Senin (4/3/2024).

2 dari 4 halaman

Jenis Bunga Tabur untuk Ziarah Kubur

1. Mawar

Bunga berwarna merah ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Ternyata bunga mawar bisa Anda gunakan untuk ziarah ke makam.

Bunga mawar biasanya diletakkan di atas makam sebagai tanda cinta dan penghormatan terakhir.

Sebagai saran, Anda dapat membawa bunga mawar dalam bentuk utuh maupun tabur. Selain itu, Anda juga bisa membawa air kembang mawar untuk disiramkan di atas makam sehingga makam dapat menghasilkan wewangian yang harum bunga mawar.

2. Sedap Malam

Bunga yang satu ini memiliki aroma yang sangat kuat dan bisa memberikan efek penenang, konon fungsi bunga ini dibawa saat penguburan jenazah agar wangi yang dikeluarkan dapat menenangkan keluarga yang ditinggalkan.

3. Kenanga

Kenanga adalah bunga yang harum dan indah sehingga sering digunakan dalam kegiatan nyekar. Bunga kenanga dianggap sebagai simbol kesetiaan dan keabadian.

Bunga kenanga biasanya diletakkan diatas makam sebagai tanda kesetiaan dan penghormatan terakhir.

4. Kantil/Gading

Bunga kantil atau ada juga yang menyebutnya gading, merupakan jenis bunga yang sering ditemui di penjual bunga tabur.

Harga bunga yang satu ini cukup tinggi, meski ukurannya kecil. Bunga ini biasa dijual dengan keadaan masih kuncup dan utuh.

Selain warna mirip gading, kantil ditemukan yang berwarna merah dan kuning.

3 dari 4 halaman

Jenis Bunga Tabur untuk Ziarah Kubur

5. Kemboja

Bunga kemboja sudah sangat melekat dengan kedukaan, jadi tidak heran bunga ini sering ada pada kawasan pemakaman. Ini dianggap sebagai simbol kesucian dan ketenangan.

Bunga kamboja biasanya diletakkan diatas makam sebagai tanda penghormatan dan sebagai simbol doa untuk orang yang telah meninggal.

6. Asoka

Bunga asoka memiliki bentuk yang unik dengan kelopak bunga yang tersusun dari sejumlah helai daun tipis dan lancip, serta berwarna merah muda atau merah tua.

Bunga asoka memiliki makna yang dalam dalam kepercayaan Hindu, di mana bunga ini dianggap sebagai lambang dari Dewi Kwan Yin, yaitu Dewi yang melambangkan kasih sayang dan kebijaksanaan.

Selain itu, bunga asoka dianggap sebagai simbol dari keindahan, keabadian, dan kedamaian.

7. Melati

Melati adalah bunga yang sering digunakan dalam kegiatan nyekar karena memiliki aroma yang harum dan menyenangkan. Selain itu, melatidianggap sebagai simbol kemurnian dan kesucian.

Bunga melati biasanya diletakkan di atas makam sebagai tanda penghormatan dan sebagai simbol doa untuk orang yang telah meninggal.

4 dari 4 halaman

Jenis Bunga Tabur untuk Ziarah Kubur

8. Anggrek

Anggrek berwarna-warni dan harum adalah satu di antara jenis bunga pemakaman terbaik, mewakili cinta tanpa syarat Anda untuk orang yang telah meninggalkan dunia ini.

Secara tradisional, anggrek merah muda dan putih adalah warna yang dipilih orang untuk menunjukkan simpati mereka, meski Anda juga bisa menggunakan warna lain.

9. Gladiol

Gladiol memiliki bunga dan daun yang indah yang tumbuh dalam bentuk seperti pedang. Ini menjadikannya satu di antara jenis bunga pemakaman terbaik.

10. Krisan

Di banyak negara Eropa, orang menggunakan bunga krisan di pusara dan pemakaman. Bunga krisan juga melambangkan kematian dan kesedihan di beberapa negara Asia seperti Jepang, China, dan Korea.

11. Anyelir

Berbagai warna anyelir menyiratkan perasaan yang berbeda seperti putih untuk kepolosan, merah muda untuk ingatan, dan merah untuk cinta dan kekaguman.

Di banyak pemakaman, bunga anyelir adalah bagian dari karangan bunga.

 

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer