Sukses


8 Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati yang Bisa Diresapi

Bola.com, Jakarta - Sikap rendah hati atau "tawaduk" sangat dianjurkan dalam Islam. Rendah hati adalah sikap yang mengakui kelemahan dan keterbatasan diri serta mampu menerima keperluan dan kepentingan orang lain di atas dirinya.

Rendah hati juga berarti tidak sombong atau angkuh terhadap kebaikan yang dimiliki. Keutamaan sikap rendah hati dalam Islam sangat besar. Allah Swt. menjamin tempat terhormat di surga bagi mereka yang rendah hati.

Ketika seseorang rendah hati, mereka cenderung memiliki ketenangan dan kedamaian dalam hati. Rendah hati juga membantu seseorang untuk menjadi lebih sabar dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

Secara keseluruhan, dengan rendah hati seseorang mampu menjalin hubungan yang baik dengan Allah Swt. dan juga dengan sesama manusia.

Di dalam Al-Qur'an, sikap rendah hati ditekankan sebagai cara untuk manusia mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat yang sejati.

Berikut delapan ayat Al-Qur'an tentang rendah hati yang bisa diresapi umat muslim, Jumat (8/3/2024).

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (1)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Wahai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, yang mana kaum tersebut dicintai oleh Allah dan mereka pun mencintai-Nya, mereka bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap tegas terhadap orang-orang kafir, mereka berjihad di jalan Allah, dan mereka tidak takut terhadap celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Mahamengetahui." (QS. Al Maidah: 54)

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (2)

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

"Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Mahapengasih, mereka itu adalah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati. Dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata hinaan), mereka membalasnya dengan mengucapkan 'salam'." (QS. Al Furqan: 63)

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (3)

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

"Dan bersikap rendah hatilah kamu terhadap orang-orang beriman yang mengikutimu." (QS. As Syuara: 215)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (4)

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

"Dan segala apa yang ada di langit dan di bumi hanya bersujud kepada Allah, yaitu semua makhluk bergerak (bernyawa) dan juga para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri." (QS. An Nahl: 49)

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (5)

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَى مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

"Jangan sekali-kali engkau (Muhammad) tujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang kafir), dan janganlah engkau bersedih hati terhadap mereka dan bersikap rendah hatilah engkau terhadap orang-orang yang beriman." (QS. Al Hijr: 88)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (6)

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّا فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَادًا وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

"Negeri akhirat itu Kami ciptakan bagi orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan juga tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al Qasas: 83)

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (7)

قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ * إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

"Dia (Balqis) berkata, Wahai para pembesar, sesungguhnya telah sampai kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman yang isinya, 'Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Mahapenyayang, janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri'." (QS. An Naml: 29-31)

Ayat Al-Qur'an tentang Rendah Hati (8)

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman: 18)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer