Sukses


9 Dalil tentang Zakat yang Perlu Diteladani

Bola.com, Jakarta - Zakat adalah satu di antara dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki oleh seorang muslim untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya, sesuai ketentuan yang telah ditentukan dalam agama Islam.

Zakat termasuk bentuk kepedulian umat terhadap golongan yang kurang beruntung sehingga dapat meringankan beban hidup mereka.

Ada beberapa jenis zakat yang harus dikeluarkan, seperti zakat fitrah, zakat mal, dan zakat penghasilan.

Dengan menunaikan zakat, umat muslim diharapkan dapat mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. dan dapat lebih peka terhadap kebutuhan sesama serta membantu mengurangi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

Agar kamu bisa lebih memahami betapa penting dan bermaknanya ibadah ini, tidak ada salahnya kamu membaca beberapa dalil tentang zakat yang bisa ditanamkan pada diri.

Berikut sembilan dalil tentang zakat yang perlu diteladani umat muslim, Rabu (13/3/2024).

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Zakat

Dalil tentang Zakat (1)

"Islam itu dibangun atas lima perkara: bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Zakat (2)

"Ajaklah mereka untuk bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah. Apabila mereka mau menuruti ajakanmu itu maka beritahukanlah kepada mereka bahwa Allah Swt. mewajibkan mereka salat lima kali sehari semalam. Apabila mereka telah menaatinya maka beritahukan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan mereka zakat yang dipungut dari orang-orang kaya di antara mereka, dan diberikan kepada orang-orang yang miskin di antara mereka." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Zakat (3)

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

"Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS. Al Baqarah: 43)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Zakat

Dalil tentang Zakat (4)

"Beritahukan kepadaku tentang amal perbuatan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga. Lalu beliau bersabda, 'Sembahlah Allah dan janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, dan sambunglah silaturahim'." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Zakat (5)

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus." (QS. Al Bayyinah: 5)

Dalil tentang Zakat (6)

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. At Taubah: 103)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Zakat

Dalil tentang Zakat (7)

"Aku telah berbaiat kepada Nabi Muhammad saw. untuk mendirikan salat, menunaikan zakat, dan memberi nasihat kepada setiap muslim." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Zakat (8)

قَدْ أَفْلَحَ مَن تَزَكَّىٰ . وَذَكَرَ ٱسْمَ رَبِّهِۦ فَصَلَّىٰ

"Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan membayar zakat fitrah), dan dia ingat nama Tuhannya (dengan mengumandangkan takbir), lalu dia melaksanakan salat (Idulfitri)." (QS. Al A'la: 14-15)

Dalil tentang Zakat (9)

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat." (QS. An Nur: 56)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer