Sukses


5 Keutamaan Salat Magrib yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Salat Magrib merupakan satu di antara lima waktu salat yang wajib dilakukan oleh umat muslim setiap hari setelah matahari terbenam.

Salat Magrib mempunyai rakaat ganjil dengan tiga rakaat. Praktik salat Magrib bisa sendiri, tetapi bagi setiap muslim dianjurkan berjemaah di masjid.

Melakukan salat Magrib berjemaah memiliki nilai yang lebih tinggi daripada salat sendirian. Ketika seorang muslim melaksanakan salat Magrib berjemaah, ia akan mendapatkan pahala sebanyak 27 kali lipat dibandingkan salat sendirian.

Di samping itu, salat Magrib juga memiliki banyak keutamaan yang tidak boleh diabaikan oleh umat muslim.

Maka itu, bagi setiap muslim janganlah menunda-nunda melaksanakan salat Magrib agar membawa banyak keberkahan dan kemuliaan.

Berikut lima keutamaan salat Magrib yang perlu diketahui umat muslim, Rabu (13/3/2024).

2 dari 6 halaman

Mencegah dari Perbuatan Tercela

Baik salat Magrib maupun salat lima waktu yang lain, memiliki keutamaan sama yaitu sebagai pencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Salat bisa menghalangi seorang muslim dari perbuatan-perbuatan tercela. Hal ini seperti yang difirmankan oleh Allah Swt. dalam QS. Al Ankabut ayat 45. Ayat tersebut berarti:

"Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar."

3 dari 6 halaman

Perlindungan dari Setan

Hadis dari Jabir bin Abdillah menyebutkan bahwa menutup pintu-pintu pada awal waktu Magrib dan menyebut nama Allah merupakan upaya untuk melindungi diri dan keluarga dari pengaruh setan.

Melaksanakan salat Magrib dengan khusyuk dan disiplin waktu juga membantu seseorang dalam menjauhkan diri dari godaan setan.

4 dari 6 halaman

Senantiasa dalam Kebaikan

Dalam hadis dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu, disebutkan bahwa umat akan selalu berada dalam kebaikan atau fitrah selama mereka tidak mengakhirkan waktu salat Magrib hingga munculnya bintang di langit.

Ini menunjukkan pentingnya melaksanakan salat Magrib tepat waktu sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya dan menjaga fitrah kebaikan dalam diri.

5 dari 6 halaman

Mengajarkan Kedisiplinan Waktu

Anas radhiallahu anhu melaporkan bahwa para sahabat dan Rasulullah saw. bersegera menuju masjid ketika Magrib. Ini menunjukkan betapa pentingnya disiplin waktu dalam melaksanakan salat Magrib.

Kedisiplinan waktu adalah nilai penting dalam Islam dan salat Magrib merupakan kesempatan untuk mengasah kualitas ini.

6 dari 6 halaman

Penolong Manusia

Mendirikan salat merupakan penolong bagi manusia. Hal ini sesuai firman Allah Swt. yang artinya:

"Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al Baqarah: 45). 

Selain itu, Hudzaifah Radhiallahu Anhu juga meriwayatkan,

"Dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam beliau mendirikan salat." (HR. Abu Daud)

Begitu pula dengan salat Magrib, salat selalu menjadi penolong bagi manusia.

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer