Sukses


Bacaan Istigfar yang Bisa Umat Muslim Amalkan

Bola.com, Jakarta - Bacaan istigfar merupakan satu di antara amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. kepada umat muslim.

Istigfar berarti meminta ampunan kepada Allah Swt. atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Sebagai umat muslim, istigfar sangat penting dilakukan sebagai bentuk penyesalan atas dosa serta usaha untuk memperbaiki diri menuju kesempurnaan iman dan amal ibadah.

Sebagai umat muslim, marilah kita rajin melafalkan bacaan istigfar setiap hari sebagai bentuk kerinduan kita kepada-Nya dan upaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Rasulullah saw. mencontohkan beberapa bacaan istigfar yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Apa saja bacaan istigfar yang bisa diamalkan secara rutin?

Berikut bacaan istigfar yang bisa umat muslim lafalkan, Sabtu (16/3/2024).

2 dari 4 halaman

Bacaan Istigfar yang Bisa Umat Muslim Amalkan

1. Bacaan Istigfar Pendek

"Astaghfirullah."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

2. Bacaan Istigfar Nabi sebelum Wafat

"Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih."

Artinya: "Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya."

3. Bacaan Istigfar Penghapus Dosa Besar

"Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

3 dari 4 halaman

Bacaan Istigfar yang Bisa Umat Muslim Amalkan

4. Bacaan Istigfar dalam Majelis

"Rabbighfirli wa tub ‘alaiya, innaka antat tawwabur rahiim."

Artinya: "Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan berilah taubat kepadaku. Sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang."

5. Bacaan Istigfar saat Salat sebelum Salam

"Allahumma inni dhalamtu nafsi dhulman katsira, wala yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min indik, warhamnii innaka antal ghafurur rahiim."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku telah zalim kepada diriku dengan kezaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

6. Bacaan Istigfar Nabi Adam a.s.

"Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin."

Artinya: "Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat zalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi."

4 dari 4 halaman

Bacaan Istigfar yang Bisa Umat Muslim Amalkan

7. Bacaan Istigfar Sayyidul Istigfar

"Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bi dzanbi, faghfir li , fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta,"

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau."

8. Bacaan Istigfar sebelum Berdoa

"Allohummaghfir lil mukminina wal mukminati wal muslimina wal muslimati hayyihim wa mayyitihim wa syahidihim wa gha-ibihim wa qoribihim wa ba-‘idihim innaka ta’lamu matswahum wa muqollabahum."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah kaum mukmin laki-laki dan kaum mukmin perempuan, kaum muslim laki-laki dan kaum muslim perempuan, baik yang masih hidup maupun sudah mati, baik yang kelihatan maupun yang gaib, baik yang dekat maupun jauh. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui tempat tinggal dan tempat pindah mereka."

9. Bacaan Istigfar saat Sujud

"Allahummaghfirli dzanbi kullah, diqqahu wa jullah, wa awwalahu wa akhirah, wa 'alaniyatahu wa sirrah."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer