Sukses


7 Manfaat Mengonsumsi Buah Kering untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Manfaat mengonsumsi buah kering untuk kesehatan sangatlah penting dan perlu diketahui oleh masyarakat.

Buah kering merupakan hasil dari proses pemanasan dan pengeringan buah segar. Dalam proses ini, air yang terkandung dalam buah akan menguap sehingga kandungan nutrisi dalam buah tersebut terkonsentrasi.

Satu di antara manfaat utama mengonsumsi buah kering adalah sebagai sumber serat yang baik bagi tubuh.

Serat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, memperlancar buang air besar, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Dengan mengonsumsi buah kering secara teratur, kita dapat meningkatkan asupan serat dalam tubuh.

Selain itu, buah kering mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan kerusakan DNA yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi buah kering, untuk mengetahui lebih lanjut kamu bisa menyimak artikel ini.

Berikut tujuh manfaat mengonsumsi buah kering untuk kesehatan, Kamis (21/3/2024).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Buah Kering untuk Kesehatan

1. Mengandung serat yang tinggi

Buah kering kaya akan serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.Mengonsumsi buah kering secara teratur juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

2. Sumber energi

Buah kering mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi yang baik. Ini adalah pilihan makanan yang bagus untuk meningkatkan stamina dan menjaga agar kita tetap bertenaga sepanjang hari.

Buah kering juga mengandung gula alami, yang memberikan energi yang berkelanjutan.

3. Kaya akan antioksidan

Buah kering mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit.

Mengonsumsi buah kering secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Buah Kering untuk Kesehatan

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah kering, seperti kismis dan cranberry, mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa tersebut membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga keseimbangan tekanan darah.

Mengonsumsi buah kering secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

5. Sumber zat besi

Buah kering kaya akan zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Zat besi membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah kelelahan dan anemia.

Menambahkan buah kering dalam pola makan sehari-hari dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Buah Kering untuk Kesehatan

 

6. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah kering, seperti aprikot kering, mengandung kalsium dan magnesium yang penting untuk kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Mengonsumsi buah kering secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang, terutama pada usia lanjut.

7. Sumber nutrisi penting

Buah kering adalah sumber nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Itu mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin K, dan mineral seperti kalium dan magnesium. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi organ yang sehat.

Mengonsumsi buah kering secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer