Sukses


Macam-Macam Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat untuk Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Makanan tradisional Indonesia merupakan kekayaan budaya yang begitu beragam dan lezat. Khususnya dalam bulan Ramadan, makanan tradisional Indonesia menjadi idaman dan tak tergantikan untuk hidangan berbuka puasa.

Satu di antara makanan tradisional Indonesia yang lezat adalah nasi goreng, hidangan ini merupakan makanan yang diolah dari nasi putih yang digoreng dengan berbagai rempah-rempah dan bahan tambahan seperti kecap, saus cabai, telur, dan daging.

Citra rasa yang khas dan kelezatan nasi goreng membuatnya menjadi satu di antara makanan yang paling diminati saat berbuka puasa.

Selain itu ada sate, makanan khas Indonesia ini terbuat dari potongan daging ayam, sapi, atau kambing yang ditusuk dengan sebatang lidi dan kemudian dibakar.

Makanan-makanan ini memiliki keunikan dan kelezatan yang tak terlupakan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk memulai berbuka puasa dengan kenikmatan yang tak tergantikan. 

Masih ada makanan tradisional Indonesia lainnya yang lezat dan bisa dijadikan hidangan saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak artikel ini.

Berikut macam-macam makanan tradisional Indonesia yang lezat untuk buka puasa, Kamis (21/3/2024).

2 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat untuk Buka Puasa

1. Ketupat

Ketupat adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari nasi yang dilapisi dengan daun kelapa muda, kemudian direbus hingga matang. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi hidangan buka puasa yang sangat digemari.

2. Rendang

Rendang adalah makanan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya dan santan kelapa.

Proses memasaknya yang memakan waktu lama membuat daging menjadi empuk dan rempah-rempah yang meresap membuat rasanya makin lezat.

Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih dan emping.

3. Soto

Soto adalah sup tradisional Indonesia yang terdiri dari kaldu daging ayam atau sapi yang diberi bumbu rempah-rempah seperti serai, jahe, dan daun salam.

Soto biasanya disajikan dengan nasi putih dan berbagai tambahan seperti bihun, telur rebus, dan potongan ayam atau daging.

3 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat untuk Buka Puasa

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan yang terbuat dari nasi yang diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan saus cabai.

Nasi goreng biasanya disajikan dengan telur mata sapi, irisan mentimun, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya menjadi hidangan buka puasa yang sangat populer.

5. Gado-gado

Gado-gado adalah hidangan sayur-sayuran yang dilengkapi dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Biasanya terdiri dari sayuran seperti kubis, tauge, kacang panjang, dan mentimun, serta ditambahkan dengan lontong atau ketupat.

Gado-gado juga sering dihidangkan dengan potongan ketupat atau lontong, tahu goreng, dan emping sebagai pelengkap.

6. Bakso

Bakso adalah hidangan sup dengan bola-bola daging yang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dengan bawang putih, tepung, dan rempah-rempah.

Bakso biasanya disajikan dengan mie kuning, kuah kaldu, dan tambahan seperti pangsit, telur, dan tahu goreng.

Rasanya yang gurih dan kenyal membuatnya menjadi hidangan buka puasa yang digemari oleh banyak orang.

4 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat untuk Buka Puasa

7. Sate

Sate adalah makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari daging ayam, sapi, atau kambing yang ditusuk dengan tusukan bambu dan kemudian dibakar. Sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan ketupat atau lontong.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat sate menjadi hidangan favorit saat buka puasa.

8. Pepes

Pepes adalah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari ikan atau daging yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus.

Bumbu khas seperti daun salam, daun jeruk, cabai, dan rempah-rempah lainnya memberikan cita rasa yang khas pada pepes.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih.

9. Cendol

Cendol adalah minuman tradisional Indonesia yang terdiri dari santan, sirup gula merah, dan biji pandan. Cendol biasanya disajikan dengan es serut dan ditambahkan dengan tambahan seperti kolang-kaling dan cincau.

Minuman segar ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer