Sukses


7 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan harap.

Bulan yang penuh berkah ini dianggap sebagai kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Satu di antara ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan adalah membaca Al-Qur'an.

Dalam suasana yang penuh berkah ini, umat muslim dianjurkan untuk lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca dan merenungkan makna ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan memiliki keutamaan yang luar biasa menurut ajaran Islam. Bulan Ramadan dianggap sebagai bulan di mana Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Berikut keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan yang perlu diketahui umat muslim, dilansir dari sditattaubahbatuajibatam.sch.id, Kamis (21/3/2024).

2 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

1. Pahala berlipat

Al-Qur'an itu memang lain dari wahyu yang lain. Satu di antara kelebihannya adalah apabila dibaca, meski tidak dipahami maknanya, Al-Qur'an tetap mendatangkan pahala, yakni diberi pahala per huruf.

Sebagaimana dalam hadis disebutkan, "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf". (HR.At-Tirmidzi)

Sementara bagi umat Islam yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an, Allah Swt. tetap memberikan dua pahala.

Rasulullah saw. bersabda, 'Dan orang yang membaca Al-Qur'an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya maka ia akan mendapatkan dua pahala." (HR. Bukhari Muslim)

Sungguh pahala yang luar biasa jika mampu menghatamkan Al-Qur'an lebih dari satu kali.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

2. Obat penyakit fisik dan hati

Al-Qur'an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan sehingga tadarus Al-Qur'an selama bulan Ramadan juga dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik.

Allah Swt. berfirman: "Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur'an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman". (QS Al-Israa: 82)

3. Rumah menjadi bercahaya

Rutin membaca Al-Qur'an membuat rumah akan terasa tenang dan damai. Bahkan, membaca Al-Qur'an bisa membuat rumah menjadi lebih bercahaya.

Dalam riwayat At-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: "Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah".

Sementara itu, Rasulullah saw. bersabda: "Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati".

4 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

4. Terhindar dari Godaan Setan

Keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan berikutnya adalah terhindar dari godaan setan. Allah Swt. berfirman:

"Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu maka jadikanlah ia musuh(mu)karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS. Faathir: 6).

Tidak hanya itu, sebuah rumah yang di dalamnya dibaca surah Al-Baqarah akan terhindar dari datangnya setan. Dalam sebuah hadis shahih, Rasulullah saw. bersabda:

"Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan salat dan membaca Al-Qur’an di dalamnya). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al-Baqarah."

5. Dihadiri Malaikat

Tadarus Al-Qur'an tidak hanya membuat rumah menjadi tenang dan damai. Seseorang yang rutin membaca Al-Qur'an selama bulan Ramadhan di rumahnya biasanya akan dihadiri oleh malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

Bahkan jika mampu menghatamkan Al-Qur'an maka malaikat akan mengamini dan memohonkan ampun untuknya sebagaimana dalam hadis, "Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Quran maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya". (HR. Ad-Dailami).

5 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

6. Mendapatkan pertolongan di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Al-Qur'an juga disebut akan memberikan kemuliaan, yakni mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari Kiamat.

Dalam hadis disebutkan, nantinya Al-Qur'an akan datang dan bersaksi pada Allah Swt. untuk umat manusia yang rajin membacanya.

"Bacalah bait Al-Qur'an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya." (HR. Muslim)

Amalan dan kebaikan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadan bukan hanya rutin membaca Al-Qur'an. Bersekedah dan membayar zakat juga bisa dilakukan untuk memperoleh kebaikan.

Di bulan suci Ramadan ini, mari perbanyak amalan agar meraih kemuliaan dan keberkahan beribadah.

7. Menyempurnakan Ibadah Puasa

Keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan dapat menyempurnakan ibadah puasa yang kamu laksanakan. Sebagaimana dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 185:

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

 

Sumber: sditattaubahbatuajibatam.sch.id

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer