Sukses


8 Dalil tentang Malam Lailatulqadar yang Penting Dipahami

Bola.com, Jakarta - Malam Lailatulqadar menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim setiap tahunnya saat bulan Ramadan.

Pasalnya, malam Lailatulqadar adalah malam paling mulia di bulan Ramadan yang dianggap sebagai malam yang memiliki nilai keutamaan yang paling tinggi di antara malam-malam lainnya.

Malam Lailatulqadar disebut juga sebagai malam kemuliaan yang diyakini jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, tetapi tanggal pastinya tidak dapat diprediksi.

Umat muslim di seluruh dunia berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keberkahan pada malam Lailatulqadar.

Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam Lailatulqadar, seperti salat malam, membaca Al-Qur'an, berzikir, berdoa, bersedekah, dan melakukan ibadah-ibadah sunah lainnya.

Pada malam ini, pahala amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. Oleh karena itu, umat muslim sangat termotivasi untuk menjalankan amalan-amalan baik agar mendapatkan keberkahan dan ampunan-Nya.

Berbicara malam Lailatulqadar, banyak dalil yang menjelaskan tentang ibadah ini, baik tercantum dalamĀ  Al-Qur'an maupun hadis.

Berikut delapan dalil tentang malam Lailatulqadar yang penting dipahami umat muslim, Senin (25/3/2024).

2 dari 5 halaman

Dalil tentang Malam Lailatulqadar

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (1)

Ų„ŁŁ†Ł‘ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’Ų²ŁŽŁ„Ł’Ł†ŁŽŲ§Ł‡Ł ŁŁŁŠ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„Ł’Ł‚ŁŽŲÆŁ’Ų±Ł (1) ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŲÆŁ’Ų±ŁŽŲ§ŁƒŁŽ Ł…ŁŽŲ§ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„Ł’Ł‚ŁŽŲÆŁ’Ų±Ł (2) Ł„ŁŽŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„Ł’Ł‚ŁŽŲÆŁ’Ų±Ł Ų®ŁŽŁŠŁ’Ų±ŁŒ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų£ŁŽŁ„Ł’ŁŁ Ų“ŁŽŁ‡Ł’Ų±Ł (3) ŲŖŁŽŁ†ŁŽŲ²Ł‘ŁŽŁ„Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ„ŁŽŲ§Ų¦ŁŁƒŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ų±Ł‘ŁŁˆŲ­Ł ŁŁŁŠŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŲ„ŁŲ°Ł’Ł†Ł Ų±ŁŽŲØŁ‘ŁŁ‡ŁŁ…Ł’ Ł…ŁŁ†Ł’ ŁƒŁŁ„Ł‘Ł Ų£ŁŽŁ…Ł’Ų±Ł (4) Ų³ŁŽŁ„ŁŽŲ§Ł…ŁŒ Ł‡ŁŁŠŁŽ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ Ł…ŁŽŲ·Ł’Ł„ŁŽŲ¹Ł Ų§Ł„Ł’ŁŁŽŲ¬Ł’Ų±Ł (5)

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al Qadr: 1-5)

3 dari 5 halaman

Dalil tentang Malam Lailatulqadar

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (2)

"Rasulullah saw. mengabarkan kepada kami tentang Lailatulqadar, beliau bersabda: dia (Lailatulqadar) di bulan Ramadan di puluhan ganjil yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadan. Barang siapa bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap rida Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Ahmad)

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (3)

"Carilah olehmu sekalian Lailatulqadar itu pada witir 10 terakhir di bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (4)

"Dari Ibnu 'Umar: Rasulullah saw. bersabda barang siapa yang ingin mengintai malam Lailatulqadar hendaklah ia mengintai pada malam 27." (HR. Ahmad)

4 dari 5 halaman

Dalil tentang Malam Lailatulqadar

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (5)

"Saya bertanya kepada Rasulullh saw.: Bagaimana jika saya dapat mengetahui malam Lailatulqadar itu, apakah yang baik saya katakan pada malam itu? Jawab beliau: Katakanlah olehmu: 'Ya Allah sesungguhnya Engkau pengampun, suka mengampuni kesalahan maka ampunilah kiranya kesalahanku'." (HR. Tirmidzi)

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (6)

"Carilah Lailatulqadar pada 10 hari yang terakhir dari bulan Ramadan. Bila salah seorang di antara kamu merasakan lemah atau lelah maka jangan kamu kalah dalam mencarinya pada tujuh malam terakhir (bulan Ramadan)." (HR. Muslim)

5 dari 5 halaman

Dalil tentang Malam Lailatulqadar

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (7)

"Pagi hari malam Lailatulqadar, matahari terbit tidak menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi." (HR. Muslim)

Dalil tentang Malam Lailatulqadar (8)

"Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Lailatulqadar dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadan, dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari, Muslim)

Ā 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer