Sukses


8 Cara agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

Bola.com, Jakarta - Lebaran merupakan momen spesial yang banyak diiringi dengan hidangan lezat dan mewah. Namun, tidak jarang pula momen ini membuat khawatir dengan kenaikan berat badan yang tak terkendali.

Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar berat badan tidak naik saat Lebaran tiba.

Penting untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Kendati hidangan lezat dan beragam tersedia di meja Lebaran, tetaplah mengutamakan porsi makan yang seimbang.

Pilih makanan yang kaya serat dan protein, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak. Hindari makanan yang mengandung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

Selain itu, perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi. Daripada mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar, lebih baik makan dalam porsi kecil tetapi sering. Ini akan membantu mengontrol asupan kalori dan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, perhatikan cara memasak makanan, misalnya dengan menghindari menggoreng dan lebih banyak memilih mengukus, merebus, atau memanggang.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan mengatur porsi makan, kita dapat mencegah peningkatan berat badan yang berlebihan saat Lebaran. Ini akan memastikan kita tetap sehat dan bugar selama momen spesial tersebut.

Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar berat badan tidak melonjak naik saat lebaran tiba. Bagaimana caranya?

Berikut delapan cara agar berat badan tidak naik saat Lebaran, Selasa (9/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

1. Pilihlah makanan yang sehat dan rendah lemak

Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, seperti daging berlemak, kerupuk, gorengan, dan makanan manis seperti kue-kue Lebaran yang tinggi gula.

2. Kendalikan porsi makan

Saat Lebaran, sering kali makanan tersaji dalam berbagai hidangan yang menggoda. Kendalikan porsi makan agar tidak terlalu banyak makan.

3. Minum air yang cukup

Cukupi kebutuhan air harian dengan meminum air putih atau minuman non-kalori lainnya seperti teh tanpa gula.

Air dapat membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

3 dari 4 halaman

Cara agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

4. Fokuskan pada makanan bernutrisi

Pilihlah makanan yang kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan segar. Serat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga pencernaan tetap sehat.

5. Hindari camilan yang berlebihan

Camilan sering kali menjadi kelemahan saat Lebaran. Batasi konsumsi camilan dan pilih camilan yang sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan segar, atau keripik sayuran.

6. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan merupakan waktu yang penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh. Jangan melewatkan sarapan agar mengurangi nafsu makan berlebihan saat Lebaran.

4 dari 4 halaman

Cara agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

7. Tetap aktif dan bergerak

Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin dengan bergerak dan melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, bersepeda, atau berolahraga ringan.

Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan menjaga berat badan agar tidak naik.

8. Tetap teratur dalam pola makan

Kendati suasana Lebaran sering kali membuat jadwal makan tidak teratur, usahakan tetap menjaga dan menjadwalkan waktu makan. Hal ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan tetap stabil.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer