Sukses


8 Manfaat Minum Kopi tanpa Gula untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kopi merupakan minuman yang populer di seluruh dunia. Banyak orang menikmati secangkir kopi untuk memulai hari atau sebagai penambah energi di tengah pekerjaan.

Namun, sering kali kopi dikaitkan dengan penambahan gula, baik itu dengan gula putih atau pemanis buatan. Padahal, minum kopi tanpa gula memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Minum kopi tanpa gula dapat membantu menjaga berat badan. Gula dalam kopi dapat menambah kalori yang tidak diperlukan oleh tubuh dan berpotensi menyebabkan peningkatan berat badan. Dengan mengonsumsi kopi tanpa gula, kamu dapat mengurangi asupan kalori harianmu.

Selain itu, minum kopi tanpa gula memiliki manfaat bagi kesehatan gigi. Gula dalam kopi dapat menyebabkan kerusakan gigi dan berpotensi menyebabkan gigi berlubang.

Dengan menghindari tambahan gula saat meminum kopi, kamu bisa mendapat beragam manfaat yang berpengaruh langsung dengan kesehatan. 

Berikut delapan manfaat minum kopi tanpa gula untuk kesehatan, Rabu (3/4/2024).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi tanpa Gula untuk Kesehatan

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kopi mengandung banyak antioksidan yang telah terbukti dapat melindungi jantung. Mengonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan penyakit arteri koroner.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Minum kopi tanpa gula dapat memberikan manfaat ini tanpa tambahan gula yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Minum kopi tanpa gula terbukti dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengatur kadar gula darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi tanpa Gula untuk Kesehatan

4. Menjaga berat badan

Minum kopi tanpa gula tidak hanya rendah kalori, tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga berat badan ideal dan mencegah kegemukan.

5. Melindungi hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi tanpa gula secara teratur dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan hati. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati, termasuk sirosis dan kanker hati.

6. Meningkatkan performa olahraga

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Minum kopi tanpa gula sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan performa saat berlatih atau berkompetisi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi tanpa Gula untuk Kesehatan

7. Mencegah depresi

Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

8. Menurunkan risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi tanpa gula secara rutin dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati, kanker kolorektal, dan kanker payudara.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer