Sukses


Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dalam Ucapan Idulfitri? Ketahui Tulisan Arab, Hadis, dan Cara Menjawabnya

Bola.com, Jakarta - Taqabbalallahu minna wa minkum adalah ucapan dalam bahasa Arab yang sering dilontarkan saat Idulfitri.

Arti taqabbalallahu minna wa minkum secara harfiah adalah "Semoga Allah menerima (amal ibadah) dari kita dan dari kalian".

Ucapan ini merupakan doa yang dipanjatkan umat muslim kepada Allah Swt. agar amal ibadah, terutama puasa di bulan Ramadan dan ibadah lainnya diterima oleh-Nya. 

Tidak hanya itu, melainkan juga sebuah doa agar amal ibadah yang dilakukan oleh umat muslim lainnya juga diterima.

Taqabbalallahu minna wa minkum mengajarkan kita untuk tetap menjaga persaudaraan dan menjalin hubungan yang baik antarsesama manusia.

Sebagai umat muslim, kita harus memahami makna taqabbalallahu minna wa minkum. Dengan demikian, kita dapat merayakan Idulfitri dengan penuh kesyukuran dan kebahagiaan.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu taqabbalallahu minna wa minkum. Berikut ini rangkumannya, yang menambah ilmu atau wawasan, Jumat (5/4/2024).

2 dari 4 halaman

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Lengkap

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

"Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair."

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, wahai Allah Yang Mahamulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan."

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Ucapan ini bisa kita temukan dalam kitab Fathul Bari karya Al-Hafidz Ibu Hajar al-Asqalani. Ia menyebutkan sebuah hadis dari Jubair bin Nufair sebagai berikut:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: "Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah saw. berjumpa dengan hari 'id (Idul Fitri atau Iduladha), satu sama lain saling mengucapkan, taqabbalallahu minna wa minkum." (Fathul Bari, juz II, hal. 446)

4 dari 4 halaman

Cara Menjawab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

1. Menjawab dengan Hal yang Serupa

Dalam praktiknya, ketika seseorang mendengar ucapan "taqabbalallahu minna wa minkum", mereka dapat menjawab dengan ucapan serupa.

Ini adalah cara umum yang mencerminkan saling menghormati dan merayakan bersama dalam suasana kebaikan.

Hal tersebut juga sesuai prinsip dalam Al-Qur'an yang mendorong untuk menjawab salam dengan yang lebih baik atau yang setara.

2. Menjawab dengan "Minna Waminkum Taqobbal Ya Karim"

Jawaban alternatif yang biasa digunakan adalah dengan mengucapkan, "minna waminkum taqobbal ya karim." Ini berarti "Ya Allah yang Mahamulia, terimalah amalan kami".

Ini adalah doa kepada Allah agar menerima amal ibadah dan perbuatan baik dari kedua belah pihak. Selain itu, ini juga mengandung penghormatan dan doa bagi umat muslim.

3. Kombinasi Jawaban yang Lebih Panjang

Beberapa umat muslim juga memilih untuk menjawab dengan cara yang lebih panjang dan kaya makna.

Misalnya, beberapa dari mereka mengucapkan, "taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair."

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu. Wahai Allah yang Mahamulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Ini adalah jawaban yang penuh dengan doa dan harapan baik. Dalam semua kasus, menjawab ucapan "taqabbalallahu minna wa minkum" adalah tindakan yang mencerminkan kerukunan, persahabatan, dan doa baik di antara umat muslim selama perayaan Idulfitri.

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer