Sukses


Sejarah Tradisi Halalbihalal yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di momen istimewa Idulfitri, tak hanya ketupat dan opor yang menyemarakkan suasana. Tradisi halalbihalal pun turut hadir.

Tradisi halalbihalal menjadi momen hangat untuk saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi.

Lebih dari sekadar itu, tradisi halalbihalal sarat makna mendalam yang menunjang keharmonisan sosial.

Bisa dibilang, tradisi halalbihalal menjadi kesempatan untuk menjalin kembali komunikasi yang sempat renggang.

Selain itu, tradisi halalbihalal dapat memperkuat rasa persatuan, menumbuhkan toleransi antarindividu maupun kelompok, serta membawa kedamaian dan persatuan bagi bangsa.

Itulah sedikit penjelasan tentang tradisi halalbihalal. Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman sejarah tradisi halalbihalal yang menarik diketahui umat muslim, Kamis (11/4/2024).

2 dari 3 halaman

Sejarah Tradisi Halalbihalal

Istilah halalbihalal berasal dari dua kata bahasa Arab, yaitu "halal" dan "bi halal". Kata "halal" berarti diperbolehkan atau sah, sedangkan kata "bi halal" berarti saling menghalalkan.

Secara harfiah, halalbihalal dapat diartikan sebagai "saling menghalalkan apa yang telah lalu". Maksudnya adalah saling memaafkan atas kesalahan dan dosa yang telah dilakukan selama setahun terakhir.

Tradisi halalbihalal merupakan tradisi yang identik dengan perayaan Idulfitri. Tradisi ini biasanya dilakukan dengan cara saling bersalaman dan bermaafan dengan sesama umat muslim.

Tradisi halalbihalal merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw.

Pada saat itu, setelah selesai melaksanakan ibadah haji, Nabi Muhammad saw. mengadakan pertemuan dengan para sahabatnya untuk saling bermaafan dan bersilaturahmi. Pertemuan ini kemudian dikenal dengan istilah "halalbihalal".

3 dari 3 halaman

Sejarah Tradisi Halalbihalal di Indonesia

Di Indonesia, tradisi halalbihalal mulai populer pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pada 1970-an, Presiden Soeharto menginisiasi program "Silaturahmi Nasional" yang bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Program ini kemudian diadopsi oleh masyarakat dan menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun setelah Hari Raya Idulfitri.

Tradisi halalbihalal merupakan tradisi yang positif dan perlu dilestarikan. Tradisi ini memiliki banyak manfaat bagi individu dan masyarakat, dan menjadi satu di antara faktor yang memperkuat persatuan bangsa.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer