Sukses


8 Hadis Seputar Memuliakan Istri yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Memuliakan istri adalah satu di antara kewajiban utama seorang suami dalam Islam. Hal ini bukan hanya perintah agama, tetapi juga kunci kebahagiaan rumah tangga.

Memuliakan istri berarti mengakui peran penting istri dalam keluarga dan memberikan penghargaan atas segala kontribusinya.

Istri yang dimuliakan akan merasa dicintai, dihargai, dan dihormati sehingga menciptakan suasana rumah yang harmonis dan penuh kasih sayang.

Dengan kata lain, Islam memandang istri sebagai mitra sejati suami dalam membangun rumah tangga. Keduanya memiliki hak dan kewajiban yang sama, dan saling melengkapi dalam kehidupan.

Berikut delapan hadis seputar memuliakan istri yang bisa dipahami umat muslim, Kamis (18/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis Seputar Memuliakan Istri

Hadis seputar Memuliakan Istri (1)

"Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang yang terbaik di antara kalian terhadap istriku." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadis seputar Memuliakan Istri (2)

"Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadis seputar Memuliakan Istri (3)

"Janganlah lelaki mukmin membenci seorang mukminah (istrinya), bila ia membenci suatu perangai padanya, niscaya, ia menyukai perangai yang lain." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis Seputar Memuliakan Istri

Hadis seputar Memuliakan Istri (4)

"Sesungguhnya istrimu mempunyai hak yang wajib engkau tunaikan." (HR. Al Bukhari, Muslim, An Nasai)

Hadis seputar Memuliakan Istri (5)

"Ketika di rumah, beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Jika hadir waktu salat, beliau keluar untuk menjalankan salat." (HR. Al Bukhari)

Hadis seputar Memuliakan Istri (6)

"Berilah nasihat kepada perempuan (istri) dengan cara yang baik. Karena sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok. Sesuatu yang paling bengkok ialah sesuatu yang terdapat pada tulang rusuk yang paling atas. Jika hendak meluruskannya (tanpa menggunakan perhitungan yang matang maka kalian akan mematahkannya, sedang jika kalian membiarkannya) maka ia akan tetap bengkok. Karena itu berilah nasihat kepada istri dengan baik." (HR. Al Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis Seputar Memuliakan Istri

Hadis seputar Memuliakan Istri (7)

"Kemudian jagalah dirimu terhadap perempuan. Kamu boleh mengambil mereka sebagai amanah Allah Swt. dan mereka halal bagimu dengan mematuhi peraturan-peraturan Allah Swt. Setelah itu, kamu punya hak atas mereka, yaitu supaya mereka tidak membolehkan orang lain menduduki tikarmu. Jika mereka melanggar, pukullah mereka dengan cara yang tidak membahayakan. Sebaliknya, mereka punya hak atasmu, yaitu nafkah dan pakaian yang pantas. (HR. Muslim)

Hadis seputar Memuliakan Istri (8)

"Tidak ada keberuntungan bagi seorang mukmin setelah bertakwa kepada Allah, kecuali memiliki seorang istri yang saliha. Bila disuruh menurut dan bila di pandang menyenangkan, dan bila janji menepati, dan bila ditinggal pergi bisa menjaga diri dan harta suaminya." (HR. Ibnu Majah)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer