Sukses


12 Jenis Tanah di Indonesia yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman jenis tanah yang sangat luas. Ada berbagai jenis tanah yang ada di Indonesia, dengan karakteristik dan sifat yang berbeda-beda.

Jenis-jenis tanah ini penting diketahui karena akan sangat memengaruhi kegiatan pertanian, bangunan, serta konservasi sumber daya alam.

Satu di antara jenis tanah yang ada di Indonesia adalah tanah sulfat. Jenis tanah ini mengandung belerang yang tinggi dan biasanya terbentuk di daerah rawa-rawa atau daerah vulkanik.

Selain itu, ada tanah podsolik, tanah ini terbentuk dari proses pelindian bahan organik dan mineral oleh air hujan. Tanah ini sering ditemui di daerah pegunungan.

Dengan memahami jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia, kita bisa menentukan penggunaan lahan yang tepat sesuai dengan karakteristik tanah tersebut. 

Berikut beberapa jenis tanah di Indonesia yang perlu diketahui, Senin (6/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis Tanah di Indonesia

1. Tanah Regosol

Regosol merupakan jenis tanah yang terbentuk dari material vulkanik dan memiliki tekstur berbutir halus. Tanah ini cukup subur dan sering dijadikan lahan pertanian.

2. Tanah Aluvial

Jenis tanah ini terbentuk dari endapan lumpur, pasir, dan kerikil yang dibawa oleh sungai. Tanah aluvial sangat subur dan sering digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

3. Tanah Gembur

Tanah ini mudah ditembus air dan memiliki sifat drainase yang baik. Tanaman ditanam pada tanah gembur karena akar mudah tumbuh dan mendapatkan nutrisi dengan baik.

4. Tanah Podsolik

Terbentuk dari proses pelindian bahan organik dan mineral oleh air hujan. Tanah ini sering ditemui di daerah pegunungan.

3 dari 4 halaman

Jenis Tanah di Indonesia

5. Tanah Laterit

Jenis tanah ini terbentuk di daerah tropis dengan curah hujan tinggi. Memiliki kandungan mineral yang rendah, tetapi sering dimanfaatkan sebagai lahan pertanian karena mudah dikelola.

6. Tanah Organosol

Merupakan tanah yang kaya bahan organik karena proses penguraian dedaunan dan seresah. Tanah ini cukup subur dan cocok untuk budidaya berbagai tanaman.

7. Tanah Latosol

Tanah latosol merupakan tanah merah kuning yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batuan beku dan batuan sedimen.

Memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, tanah latosol sering digunakan untuk bertanam kopi, cokelat, dan tanaman komersial lainnya.

8. Tanah Pantai

Terdapat di daerah pesisir, tanah pantai memiliki kandungan garam yang tinggi. Kendati sulit untuk pertanian, tanah ini sering dimanfaatkan sebagai tempat pemukiman dan pariwisata.

 

4 dari 4 halaman

Jenis Tanah di Indonesia

9. Tanah Sulfat

Jenis tanah ini mengandung belerang yang tinggi dan biasanya terbentuk di daerah rawa-rawa atau daerah vulkanik.

10. Tanah Gambut

Terbentuk dari proses akumulasi material organik yang belum terurai. Tanah gambut sering ditemui di daerah lembah sungai besar seperti di Kalimantan dan Sumatra. Tanah ini biasanya digunakan untuk perkebunan kelapa sawit.

11. Tanah Alfisol

Tanah alfisol terbentuk dari pelapukan batuan granit dan sedimen. Tanah ini memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik dan sering digunakan untuk menanam tanaman palawija, seperti kacang tanah dan kedelai.

12. Tanah Spodosol

Tanah spodosol terbentuk dari pelapukan batuan endapan glasial. Tanah ini sering ditemui di wilayah pegunungan.

Tanah spodosol memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan rendahnya kesuburan, cocok untuk pertanaman tanaman khas dataran tinggi seperti wortel dan kentang.

 

Yuk, baca artikel bertemakan jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer