Sukses


7 Penyebab Kepala Terasa Berat yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Kepala yang terasa berat adalah gejala yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Ada beberapa penyebab kepala terasa berat yang perlu diketahui dan coba kamu hindari.

Satu di antara penyebab utama kepala terasa berat adalah stres. Ketika seseorang mengalami stres, otot-otot di bagian kepala dan leher menjadi tegang sehingga menyebabkan rasa berat pada kepala.

Stres dapat memengaruhi aliran darah di otak, yang dapat menyebabkan kepala terasa pusing dan berat. Selain stres, penyebab lain dari kepala terasa berat adalah ketegangan otot.

Ketegangan otot di leher dan kepala dapat disebabkan oleh postur yang buruk, terlalu lama duduk atau berdiri dalam posisi yang tidak nyaman, atau bahkan karena aktivitas fisik yang berat.

Ketegangan otot ini dapat menyebabkan kepala terasa berat dan juga nyeri pada bagian leher dan bahu.

Masih ada beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan kepala terasa berat. Berikut tujuh penyebab kepala terasa berat yang perlu diketahui, Selasa (7/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Kepala Terasa Berat

1. Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang menyebabkan rasa berat dan nyeri yang tajam di kepala. Biasanya disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya atau suara.

Penyebab migrain belum sepenuhnya dipahami, tetapi perubahan dalam aktivitas saraf dan keturunan dapat memainkan peran penting.

2. Tegang

Perasaan tegang emosional atau fisik dapat menyebabkan kepala terasa berat. Biasanya terjadi karena stres, kelelahan, atau kecemasan yang berkepanjangan. Selain rasa berat, dapat pula terjadi nyeri otot di leher dan bahu.

3. Sinusitis

Infeksi sinus dapat menyebabkan kepala terasa berat dan nyeri di daerah sekitar pipi, hidung, dan dahi.

Pembengkakan sinus akibat alergi, pilek, atau infeksi bakteri dapat mengganggu aliran udara dan cairan di dalam sinus, yang akhirnya menyebabkan rasa berat pada kepala.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kepala Terasa Berat

4. Gangguan tidur

Kurang tidur atau gangguan tidur seperti sleep apnea dapat menyebabkan kepala terasa berat. Kurang tidur dapat menyebabkan ketegangan dan ketakseimbangan kimia dalam otak, yang memengaruhi fungsi normal.

5. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan kepala terasa berat. Tekanan darah yang tinggi dapat memengaruhi aliran darah ke otak dan menyebabkan nyeri atau rasa berat pada kepala.

4 dari 4 halaman

Penyebab Kepala Terasa Berat

6. Efek samping obat

Beberapa obat, seperti obat penenang atau obat tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan efek samping berupa kepala terasa berat.

Jika kepala terasa berat memang disebabkan oleh efek samping obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari alternatif atau melacak sumber masalahnya.

7. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi sehingga dapat menyebabkan kepala terasa berat.

Tubuh kita membutuhkan asupan yang cukup air agar berfungsi dengan baik, termasuk fungsi otak yang memengaruhi keseimbangan kepala.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer