Sukses


10 Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Ibadah haji merupakan kesempatan yang sangat diidamkan oleh umat muslim. Ibadah haji merupakan penyempurna dalam Islam seseorang karena telah melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Sebagai muslim, seyogianya harus memiliki ikhtiar untuk berada dalam kategori 'mampu', secara lahir maupun batin. Tidak hanya berpangku tangan tanpa memiliki usaha dan upaya menuju ke sana.

Kewajiban menunaikan ibadah haji diterangkan dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 97:

"Dan kewajiban manusia (kepada Allah) bagi yang sudah mampu melaksanakan ibadah haji, adalah segera dengan segera menunaikannya."

Ada berbagai macam hikmah melaksanakan ibadah haji yang perlu dipahami umat muslim.

Berikut 10 macam hikmah melaksanakan ibadah haji, Jumat (10/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

1. Menjawab Panggilan Allah Swt.

Dengan melaksanakan ibadah haji, itu berarti seseorang telah menjawab panggilan dari Allah Swt. dan menjadi tamu di Tanah Suci. Ini juga dapat menjadi hikmah ibadah haji yang utama.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasulullah saw. dalam sebuah hadis:

"Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumrah adalah tamu-tamu Allah.

Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri." (HR. Ibnu Majah)

2. Menyaksikan Rumah Allah (Baitullah) Secara Langsung

Ibadah haji menjadi cara bagi seorang muslim untuk dapat singgah ke Baitullah atau Ka'bah yang terdapat di Masjidil Haram.

Selain berkunjung ke rumah Allah, kaum muslim dapat melihat situs-situs Islam bersejarah lainnya seperti makam Nabi Ibrahim dan lainnya.

Hikmah haji ini dapat mengajarkan jemaah untuk lebih menghayati nilai keimanan, keikhlasan, ketakwaan dan menghargai perjuangan Rasulullah saw. beserta sahabatnya dalam menyebarkan ajaran Islam.

3 dari 6 halaman

Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

3. Meneladani Ketakwaan Nabi Ibrahim a.s.

Kisah Nabi Ibrahim a.s. menyisakan banyak keteladanan bagi umat muslim karena ketakwaan yang banyak dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Satu di antaranya kesabarannya saat diperintah Allah Swt. untuk mengorbankan anaknya yakni Nabi Ismail a.s.

Selain itu, Nabi Ibrahim a.s. sangat tabah saat diberi perintah oleh Allah untuk meninggalkan istri dan anaknya di padang tandus.

Perintah-perintah tersebut tetap dilaksanakan olehnya, meski menyangkut orang-orang yang disayanginya.

4. Pulang dengan Pahala Berlipat Ganda

Hikmah pelaksanaan ibadah haji bagi umat muslim keempat adalah pulang ke rumah dengan pahala yang besar.

Seluruh amalan ibadah haji baik sunah maupun wajib akan diganjar dengan pahala yang berlipat. Nabi Muhammad saw. bersabda:

"Sungguh Ka'bah ini merupakan satu di antara tiang Islam. Siapa saja yang berhaji mengunjungi Ka'bah atau berumrah maka ia menjadi tanggungan Allah. Jika ia meninggal maka Allah memasukkannya ke surga. Jika Allah mengembalikannya kepada keluarganya, niscaya Allah memulangkannya dengan pahala dan ghanimah." (HR. At-Thabarani)

4 dari 6 halaman

Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

5. Menghapus Dosa dan Menyucikan Jiwa

Hikmah pelaksanaan ibadah haji bagi umat muslim selanjutnya adalah menghapus segala dosa dan menyucikan jiwa.

Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Rasulullah saw. dalam hadis berikut:

"Siapa yang melakukan haji, tidak melakukan rafats dan tidak berbuat fasik ia kembali sebagaimana pada ketika ia dilahirkan oleh ibunya." (HR. Bukhari, Muslim)

6. Haji Mabrur Dibalas Surga

Rasullulah saw. menjelaskan hikmah ibadah haji dalam beberapa hadisnya.

Satu di antaranya saat beliau bersabda: "Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis ini menjelaskan bahwa bagi seseorang yang mabrur ibadah hajinya akan diganjar dengan surga.

Satu di antara indikasi mabrur atau tidaknya seseorang adalah jika telah melakukan seluruh syarat dan rukun haji dengan baik, dan memiliki kepribadian yang lebih baik saat pulang ke tanah air.

5 dari 6 halaman

Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

7. Haji Adalah Penyempurna Ibadah

Sebagai bagian dari rukun Islam, haji adalah penyempurna kelima ibadah yang terkandung di dalamnya.

Seseorang yang melakukan ibadah haji tentunya harus sudah melakukan empat ibadah lainnya yakni syahadat, salat, zakat, dan puasa.

Ibadah haji sebagai penyempurna pun memiliki makna kepatuhan hamba kepada Allah Swt. dan Rasulullah saw.

Selain sebagai ibadah, banyak orang yang menyebut bahwa haji adalah perjalanan spiritual. Umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji biasanya menjadi lebih semangat beribadah ketika pulang dari Makkah.

Dalam hal ini, ibadah haji menjadi kesempatan yang besar bagi umat muslim untuk menyatukan tekad dan semangat dalam beribadah juga menyebarkan kebenaran Allah terhadap sesama manusia.

8. Jaminan Kesehatan Lahir dan Batin di Dunia

Jaminan kesehatan dari Allah Swt. secara lahir dan batin juga merupakan hikmah pelaksanaan ibadah haji bagi umat muslim. Hal ini terdapat dalam hadis Nabi Muhammad saw. yang artinya:

"Dari sahabat Abu Zarr r.a. Nabi Muhammad saw. bercerita, 'Nabi Daud a.s. pernah berdoa, 'Tuhanku, apa yang didapat hamba-Mu bila mereka mengunjungi-Mu pada rumah-Mu?’ Allah menjawab, ‘Setiap pengunjung memiliki hak atas yang dikunjungi. Wahai Daud, sungguh mereka berhak mendapatkan kesembuhan di dunia dan ampunan dari-Ku ketika kelak Kujumpai mereka (di akhirat)'." (HR. At-Thabarani)

6 dari 6 halaman

Macam Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

9. Menunjukkan Status Kehambaan dengan Merendahkan Diri di Hadapan Allah Swt.

Ditampakkan ketika jemaah haji memakai pakaian ihram yang jauh dari perhiasan dan kemewahan. Di mana mereka mengenakan baju sederhana yang tampilannya lusuh sambil memohon ampunan atas segala kekhilafan dan meminta penghapusan atas kesalahan.

10. Sebagai Pengingat Umat Muslim untuk Bersatu

Haji merupakan ibadah yang dapat mempertemukan banyak umat muslim dari berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, ibadah haji menjadi pengingat bahwa muslim harus bersatu dan memang merupakan kesatuan.

Pakaian ihram yang seragam menggambarkan bahwa tidak ada yang membedakan jemaah haji antara satu dengan yang lainnya. Hal yang membedakan tidak lain hanyalah ketakwaan mereka masing-masing.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer