Sukses


9 Hadis tentang Salat Jumat yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Salat Jumat merupakan satu di antara ibadah yang menjadi kewajiban bagi umat muslim.

Kewajiban melaksanakan salat Jumat tertuang dalam Al-Qur'an surah Al Jumuā€˜ah ayat 9 yang berbunyi:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Ibadah salat Jumat dilakukan setiap hari Jumat sebagai pengganti dari salat Zuhur.

Ibadah ini diwajibkan bagi orang dewasa, laki-laki muslim yang berada dalam keadaan sehat dan tidak sedang dalam perjalanan.

Sebagai umat muslim, menjalankan salat Jumat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Ibadah ini tidak hanya sebagai kewajiban, tetapi juga menjadi ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain ayat tersebut, ada pula hadis tentang salat Jumat dari sabda Nabi Muhammad saw.

Berikut sembilan hadis tentang salat Jumat yang bisa dipahami umat muslim, Jumat (24/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Salat Jumat

Hadis tentang Salat Jumat (1)

"(Salat) Jumat adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjemaah, kecuali bagi empat golongan, yaitu: (1) Hamba Sahaya; (2) Wanita; (3) Anak kecil; (4) Orang sakit.s (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Salat Jumat (2)

"Hendaknya suatu kelompok menyudahi perbuatannya dalam meninggalkan salat Jumat atau (pilihannya) Allah Swt. akan mengunci mati batin mereka, kemudian mereka menjadi lalai sungguhan." (HR. Muslim)

Hadis tentang Salat Jumat (3)

"Siapa saja yang berangkat salat Jumat pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi. Siapa saja yang berangkat pada jam ketiga, seakan-akan berkurban dengan kambing bertanduk. Siapa saja yang berangkat pada jam keempat, seakan-akan menghadiahkan seekor ayam jantan. Siapa saja yang berangkat pada jam kelima maka seakan-akan menghadiahkan sebutir telur. Setelah imam keluar maka catatan amal sudah ditutup, qalam pencatat sudah dianggat, dan para malaikat berkumpul di minbar untuk mendengarklan zikir. Siapa saja yang datang setelah itu maka ia datang hanya untuk memenuhi hak shalat dan tidak mendapatkan keutamaan apa-apa." (HR. al-Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Salat Jumat

Hadis tentang Salat Jumat (4)

"Sungguh saya benar-benar ingin memerintahkan seorang laki-laki untuk mengimami manusia (jemaah salat) lalu saya akan bakar rumah-rumah kaum meninggalkan salat Jumat." (HR. Al-Hakim)

Hadis tentang Salat Jumat (5)

"Ada tiga perkara yang seandainya semua orang mengetahui apa yang ada di dalamnya, tentu mereka akan lari seperti unta untuk memburunya. Ketiganya adalah azan, barisan paling depan, dan berangkat salat Jumat lebih awal." (HR. Al-Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Salat Jumat (6)

"Barang siapa berwudu kemudian memperbaiki wudunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khotbahnya maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Salat Jumat

Hadis tentang Salat Jumat (7)

"Siapa yang meninggalkan tiga kali salat Jumat karena meremehkan, niscayaĀ  Allah akan menutup hatinya." (HR. Abu Dawud, An-Nasai, Ahmad)

Hadis tentang Salat Jumat (8)

"Siapa yang meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali tanpa ada uzur maka dicatat sebagai golongan orang munafik." (HR. Ath-Thabrani)

Hadis tentang Salat Jumat (9)

"Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan salat selama satu tahun." (HR. Al-Tirmidzi, al-Hakim)

Ā 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer