Sukses


Mengenal Rock N Bull, Komunitas yang Terus Konsisten Menghidupkan Darts di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Rock n Bull merupakan komunitas pelaku darts di Indonesia yang sudah berdiri dari 2015. Terinspirasi dari sebuah kafe di bilangan Kelapa Gading, Jakarta, komunitas Rock n Bull ini selama 9 tahun terakhir terus konsisten menghidupkan darts di Indonesia.

Rock n Bull digawangi oleh Stanley Venedict, Kevin Arif, Winata, Matthew Jasper Leiwakabessy, dan Jordhie Indra. Bahkan dalam perjalanannya, komunitas ini sempat memiliki anggota hingga 45 personel aktif.

"Awalnya saya bersama Kevin Arif, Winata, Jordhie Indra, dan Matthew sering nongkrong dan bermain darts di Rock n Goal Sports, Kelapa Gading. Hampir setiap hari nongkrong bareng dan saat itu sedang booming kegiatan darts live dan phoenix darts di Indonesia. Banyak tim dan klub bermunculan," kisah Stanley Venedict.

"Karena kami merasa cocok dan nyambung, kami sepakat mendirikan komunitas sekaligus darts team. Kami jadikan Rock n Goal, tempat kami nongkrong, sebagai homebase. Sementara komunitas dan darts team kami beri nama Rock n Bull," lanjut Stanley.

Dengan kesolidannya yang pernah memiliki 45 personel aktif, Rock n Bull menjadi komunitas yang didominasi remaja yang mayoritas baru mengenal permainan tersebut. Tak hanya sebagai ajang kumpul-kumpul dan sarana aktualisasi diri, Rock n Bull juga menjadi wadah mereka untuk berprestasi.

Inilah yang menjadikan Rock n Bull mentereng dengan prestasi kolektifnya. Rock n Bull adalah juara seri perdana kompetisi Super Home Shop, komeptisi darts antar-home shop di Indonesia. Selain itu mereka juga menjadi runner-up Super League Divisi S2 dan S3 pada 2015.

"Prestasi itu bonus menurut saya. Terpenting Rock n Bull bisa menjadi komunitas solid yang memberikan dampak positif seperti kenangan yang bisa menjadi energi positif untuk para anggotanya. Mengikuti pertandingan sebagai wakil Indonesia di turnamen luar negeri adalah kenangan sekaligus kebanggaan bagi saya," ujar Matthew Jasper.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Makin Berkembang

Saat ini Rock n Bull menjadikan Ulusalu Coffee yang ada di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, sebagai homebase. Ulusalu Coffee menjadi salah satu dartsshop baru yang eksis menyediakan soft tip darts machine untuk dimainkan oleh para pelanggan.

Kehadiran homebase baru ini, Rock n Bull berkembang pesat. Ada sejumlah nama beken yang bergabung, seperti Marcello Stephen, Sergio Stephen, dan Livio Delpialo. Selain ketiga nama itu, ada nama baru dengan potensi besar seperti Richards Kusmadi dan Hendry Kusuma.

Rock n Bull berhasil memainkan peran untuk mengajak semua orang bersenang-senang dengan memainkan darts. Hal ini tidak lepas dari peran Jordhie Indra sebagai kapten tim Rock n Bull. Jordhie Indra juga aktif di berbagai komunitas lain, seperti Vape, Tamiya, dan eSports.

Pengalaman dan jaringan yang beragam yang dimiliki Jordhie Indra membantu menjadikan Rock n Bull sebagai komunitas yang inklusif.

"Peran Jordhie sebagai kapten sangat bgus karena bsia membangun soliditas dan kepercayaan yagn kuat di Rock n Bull. Ini menjadi kekuatna kami. Hasilnya kami bisa memiliki kepercayaan diri dan mental yang kuat untuk ikut terjun berkompetisi dengan tim mana pun. Beberapa dari kami bahkan menjadi juara," ujar Hendry Kusuma memuji peran sang kapten.

3 dari 3 halaman

Fokus Menjaga Eksistensi Darts di Indonesia

Fokus Rock n Bull saat ini menjaga eksistensi darts sebagai olahraga permainan yang menyenangkan dan bisa dimainkan siapa pun dengan terus membuka diri dan memperkenalkan darts ke semua pihak.

Berbagai kompetisi, baik yang bersifat ekshibisi maupun kompetisi digunakan Rock n Bull sebagai sarana aktualisasi diri dan latihan mental anggotanya.

Semua anggota didorong untuk berani berkompetisi, karena itu tidak mengherankan bila Rock n Bull saat ini memiliki banyak sekali anggota baru yang juga sebenarnya baru mengenal darts.

Jordhie Indra menjelaskan bahwa target jangka pendek Rock n Bull adalah memperkenalkan darts ke semua lapisan masyarakat dengan menjadikan konsistensi dan soliditas antar-anggota sebagai modal utama.

"Darts itu dasarnya having fun, jadi kalau enggak dapet fun di darts pasti ada yang salah, entah itu tempatnya atau orang-orang yang main dengan Anda, atau mungkin salah motivasi dalam bermain darts. Jadi jangan ragu, kalau mau having fun, Anda bisa bermain darts," ujar Jordhie Indra.

Saat ini Rock n Bull sedang mempersiapkan anggotanya mengikuti Darts National Competition Series 03, satu-satunya kompetisi darts tingkat nasional di Indonesia yang diinisiasi oleh Indonesia Entertainment Group (IEG).

Dalam gelaran ketiga ini, Darts National Competition akan menyelenggarkan dua nomor kompetisi yang baru kali pertama dilaksanakan di Indonesia, yaitu steel tipuntuk single atau perorangan dan soft tip untuk nomor beregu.

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer