Sukses


9 Hadis tentang Tobat yang Bisa Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Hadis Nabi Muhammad saw. menjadi sumber inspirasi dan tuntunan bagi umat muslim dalam memahami hakikat tobat.

Rasulullah saw. menjelaskan dengan detail tentang syarat, keutamaan, dan manfaat tobat bagi seorang muslim.

Seperti diketahui, manusia adalah makhluk penuh salah dan dosa. Saat menjalani kehidupan, tak jarang kita terjerumus dalam perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama.

Namun, Allah Swt. Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Pintu tobat selalu terbuka bagi hamba-Nya yang ingin kembali ke jalan yang benar.

Hadis-hadis ini menjadi pencerahan bagi kita, bahwa tobat bukan sekadar penyesalan, tetapi sebuah proses transformasi diri yang menyeluruh.

Dengan memahami hadis tentang tobat, kita diajak untuk senantiasa introspeksi dan berbenah diri. Tobat bukan hanya dilakukan ketika terjerumus dalam dosa besar, tetapi juga untuk menyempurnakan ibadah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

Hadis-hadis ini menjadi pedoman agar kita senantiasa berusaha menjadi hamba yang lebih baik dan senantiasa mengharapkan ampunan dari Allah Swt.

Berikut sembilan hadis tentang tobat yang bisa direnungkan umat muslim, Selasa (2/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Tobat

Hadis tentang Tobat (1)

"Wahai sekalian manusia, bertobatlah kepada Allah Swt. karena sesungguhnya aku bertobat kepada Allah Swt. dalam satu hari sebanyak 100 kali." (HR. Muslim)

Hadis tentang Tobat (2)

"Jika kalian melakukan dosa hingga dosa kalian sampai ke matahari, kemudian kalian bertobat, niscaya Allah Swt. akan mengampuni kalian." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Tobat (3)

"Sesungguhnya Allah Swt. membuka 'tangan'-Nya pada malam hari untuk memberikan ampunan kepada orang yang melakukan dosa pada siang hari, dan membuka 'tangan'-Nya pada siang hari, untuk memberikan ampunan kepada orang yang melakukan dosa pada malam hari, (terus berlangsung demikian) hingga (datang masanya) matahari terbit dari Barat (kiamat)." (HR. An-Nasaai)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Tobat

Hadis tentang Tobat (4)

"Seorang hamba melakukan dosa, dan berdoa: 'Ya Tuhanku, aku telah melakukan dosa maka ampunilah aku'. Tuhannya berfirman: 'hamba-Ku mengetahui bahwa ia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dan menghapus dosanya maka Tuhan-pun mengampuninya'. Kemudian waktu berjalan dan orang itu tetap seperti itu hingga masa yang ditentukan Allah Swt. hingga orang itu kembali melakukan dosa yang lain. Orang itu pun kembali berdoa: 'Ya Tuhanku, aku kembali melakukan dosa maka ampunilah dosaku'. Tuhan-nya berfirman: 'Hamba-Ku mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan Yang mengampuni dan menghapus dosanya' maka Tuhan-pun mengampuninya. Kemudian ia terus dalam keadaan demikian hingga masa yang ditentukan Allah Swt. hingga akhirnya ia kembali melakukan dosa. Dan ia berdo'a: 'Ya Tuhanku, aku telah melakukan dos, maka ampunilah daku'. Tuhan-nya berfirman: 'Hamba-Ku mengetahui bahwa ia mempunyai Tuhan Yang mengampuni dan menghapus dosanya'. Maka, Tuhannya berfirman: 'Aku telah berikan ampunan kepada hamba-Ku, dan silakan ia melakukan apa yang ia mau." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 5 halaman

Hadis tentang Tobat

Hadis tentang Tobat (5)

"Sesungguhnya Allah Swt. akan menerima tobat seorang hamba selama napasnya belum sampai di tenggorokan (sakratul maut)." (HR. Ibnu Majah, Tirmizi)

Hadis tentang Tobat (6)

"Orang yang bertobat dari dosa adalah seperti orang yang tidak berdosa." (HR. Ibnu Majah, Thabrani)

Hadis tentang Tobat (7)

"Tiada seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk salat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya." (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah)

5 dari 5 halaman

Hadis tentang Tobat

Hadis tentang Tobat (8)

"Sesungguhnya, seorang hamba apabila berbuat dosa maka di dalam hatinya ditorehkan sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan beristigfar serta bertobat maka kembali bersih hatinya. Jika dia mengulanginya maka titik hitam itu akan ditambahkan kepadanya sampai menjadi pekat, itulah yang disebutkan Allah Ta'ala: 'Sekali-kali tidak akan, tetapi itulah raan yang menyelimuti hati mereka akibat apa yang telah mereka kerjakan." (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadis tentang Tobat (9)

"Allah gembira manakala ada dua orang yang saling membunuh dan keduanya masuk surga. Pertama, seseorang yang mati berjuang di jalan Allah. Yang kedua, orang yang membunuh itu bertobat kepada Allah, kemudian masuk Islam dan terbunuh di jalan Allah (mati syahid)." (HR. Bukhari)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer