Sukses


Mitos Pohon Pulai yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pohon pulai (Alstonia scholaris) merupakan satu di antara jenis pohon yang menjadi bagian dari keluarga Apocynaceae.

Pohon pulai memiliki ciri khas daun yang hijau dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk elips.

Pohon pulai mempunyai batang yang tegak dan tumbuh dengan tinggi mencapai 30 meter. Daun yang dimiliki oleh pohon pulai memiliki tekstur yang lembut dan berwarna hijau kekuningan.

Bunga yang dihasilkan oleh pohon pulai memiliki bentuk tabung dengan warna yang bervariasi, dari putih hingga krem. Bunga juga ini memiliki aroma yang khas dan harum.

Pohon pulai sering ditemui di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Selain sebagai pohon hias, pohon pulai juga memiliki banyak mitos. Penasaran mitos-mitosnya? Yuk, simak penjelasan mitos pohon pulai di bawah ini, Selasa (2/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Mitos Pohon Pulai yang Perlu Diketahui

1. Tempat Tinggal Roh

Di beberapa daerah, pohon pulai dianggap sebagai tempat tinggal roh-roh atau makhluk halus. Oleh karena itu, pohon ini sering dihormati dan tidak boleh ditebang sembarangan.

2. Penjaga Desa

Di beberapa budaya, pohon pulai dianggap sebagai penjaga desa. Masyarakat percaya bahwa pohon ini melindungi desa dari roh jahat dan bencana.

3. Obat Tradisional

Pohon pulai juga dikenal dalam pengobatan tradisional. Kulit, daun, dan bagian lain dari pohon ini sering digunakan sebagai ramuan obat untuk berbagai penyakit.

4. Simbol Keberanian dan Kekuatan

Dalam beberapa cerita rakyat, pohon pulai melambangkan keberanian dan kekuatan. Hal ini mungkin karena ukurannya yang besar dan kekuatan kayunya.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer