Sukses


    Prediksi Indonesia Vs Filipina: Wajib Menang untuk Kado HUT RI

    Bola.com, Selangor - Timnas Indonesia U-22 menghadapi Timnas Filipina U-22 di pertandingan kedua Grup B sepak bola SEA Games 2017 dalam momen yang istimewa. Evan Dimas Darmono dkk. menghadapi Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017) malam, tepat pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

    Momen bermain di hari kemerdekaan menjadi motivasi tersendiri bagi anak-anak Timnas Indonesia U-22. Tim Garuda Muda harus bermain dengan semangat 45. Kemenangan diharapkan menjadi kado yang manis untuk peringatan hari jadi Indonesia.

    Dari sisi teknis, pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, diprediksi merotasi beberapa pemain dalam pertandingan ini. Kemungkinan besar Ezra Walian, yang sangat apik saat berlatih pada Rabu (16/8/2017) siang, dimainkan sejak awal pertandingan untuk menggantikan Marinus Mariyanto Wanewar.

    Selain itu, posisi sayap akan dimaksimalkan kembali dalam pertandingan kedua ini. Bahkan Saddil Ramdani dan Yabes Roni mendapatkan sesi latihan khusus untuk mengirimkan bola-bola matang ke pusat pertahanan lawan untuk dimaksimalkan oleh Ezra Walian.

    "Saddil dan Yabes memang diminta untuk cepat melakukan kontrol bola dan melakukan umpan silang ke depan gawang. Itu latihan khusus untuk mereka," ujar Bima Sakti, asisten pelatih Timnas Indonesia U-22.

    Saddil Ramdani mengaku sangat termotivasi untuk memberikan kemenangan sebagai kado kemerdekaan kepada Indonesia. Pemain Persela Lamongan itu juga berharap bisa mencetak gol dalam pertandingan kontra Filipina.

    "Jika saya dipercaya untuk bermain di pertandingan pada 17 Agustus ini, saya ingin sekali menyumbangkan gol bagi Indonesia," ujar Saddil.

    Duel Sayap Vs Bek

    Rotasi jadi pilihan yang diambil Luis Milla mengingat jarak pertandingan ke pertandingan lain pada fase penyisihan ini cukup mepet. Saddil dan Ezra, jadi contoh pemain yang tidak turun sebagai starter saat pertandingan pertama.

    Meski merotasi pemain, Luis Milla dipastikan tetap menjaga kedalaman skuatnya agar tidak tergelincir dan menelan kekalahan. Kemenangan berarti memperpanjang rekor tidak terkalahkan Indonesia atas Filipina sejak SEA Games 1977.

    Luis Milla butuh pemain yang segar, terutama di sektor sayap yang jadi andalan dengan kecepatannya untuk mendobrak pertahanan Filipina yang cukup kukuh.

    Saat menang 2-0 atas Kamboja di laga pertama, Timnas Filipina U-22 membuat frustrasi Kamboja. Pasalnya, meski terus digempur selama babak pertama, lini belakang skuat asuhan pelatih Marlon Malo itu cukup solid. Alhasil, The Koupreys gagal menjebol gawang The Pinoys, dan sebaliknya di babak kedua, Kamboja justru kebobolan dua gol.

    Gelandang Timnas Indonesia, Septian David, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Thailand pada laga  SEA Games di Stadion Shah Alam, Selangor, Selasa (15/8/2017). Kedua negara bermain imbang 1-1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Dari laga itu, bisa dipetik kesimpulan bila sama seperti Indonesia, Timnas Filipina U-22 juga punya fighting spirit tinggi. Javier Gayoso cs. sangat tertantang untuk membuktikan bila mereka bukan lagi sekadar tim penggembira di SEA Games.

    "Target kami ke semifinal. Kemenangan dari Kamboja jadi langkah awal ke semifinal," kata sang pelatih Marlon Maro.

    Buat kedua tim, selain raihan tiga poin, duel ini juga jadi pembuktian. Siapa yang lebih kuat, sektor pertahanan Filipina yang atau sektor penyerang sayap Indonesia?

    Seperti disampaikan Marlon Maro, dirinya mengakui bila Timnas Indonesia U-22 memiliki keunggulan di sektor penyerang sayap dan penyerang. "Tapi, lini belakang kami siap menahan mereka," tegas pelatih 52 tahun itu.

    Prakiraan Susunan Pemain

    Prakiraan Susunan Pemain:
    Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (Kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa (Belakang), Hargianto, Septian David Maulana, Evan Dimas Darmono (Tengah); Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, Ezra Walian (Depan)

    Pelatih: Luis Milla

    Timnas Filipina U-22 (4-4-2): Ray Joyel (Kiper); Jeremiah Rocha, Junell Bautista, Julian Clarino, Joshua Grommen (Belakang); Jordan Jarvis, Jaime Cheng, Dylan De Bruycker, Yoshiharu Koizumu (Tengah); Daniel Gadia, Javier Gayoso (Depan)

    Pelatih: Marlon Maro

    Duel Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Filipina U-22 dalam partai kedua penyisihan Grup B SEA Games 2017 digelar di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017), jam 19.45 WIB. Pembaca Bola.com bisa menyaksikan pertandingan melalui player berikut ini.

    Video Populer

    Foto Populer