Sukses


5 Alasan Real Madrid 'Haram' Jual Cristiano Ronaldo

Bola.com, Madrid - Nama Cristiano Ronaldo belakangan menjadi perbincangan hangat sejumlah media di bursa transfer pemain musim panas ini. CR7 diisukan akan meninggalkan Real Madrid dan bergabung dengan mantan klubnya, Manchester United.

Rumor tersebut bahkan semakin kencang kala Ronaldo menujukkan ekspresi kesal kepada manajer baru El Real, Rafael Benitez. Pria asal Portugal itu protes dengan metode latihan Benitez yang dirasa tak masuk akal dengan menendang bola ke arah mistar gawang.

"Kami seharunya menendang bola ke jaring gawang, bukan ke sampah ini," cetus Ronaldo.

Tak cuma itu, mantan pemain Sporting Lisbon itu juga sempat terlihat emosi dengan keputusan Benitez yang menganulir golnya saat sesi latihan Los Blancos.

Sontak, sewotan tersebut semakin menguatkan adanya ketidaksenangan Ronaldo dengan situasi di klubnya saat ini. Bukan tak mungkin kini ia sedang mempertimbangkan diri untuk kembali ke MU.

Kendati isu Ronaldo untuk hengkang dari Spanyol semakin merebak, ada 5 alasan mengapa Real Madrid harus sekuat tenaga mempertahankan pemain andalannya itu di Santiago Bernabeu.

Bola.com mencoba merangkum 5 alasan mengapa Madrid tak boleh menjual Ronaldo, seperti yang dimuat dalam laman Express.

1. Penjualan Ronaldo akan menjadi keputusan terbodoh Madrid

Alasan tersebut tidaklah berlebihan. Pasalnya di tengah-tengah upaya persaingan dengan klub rival, Barcelona dalam perburuan gelar La Liga dan Liga Champions, keputusan menjual Ronaldo bakal menjadi blunder tersendiri bagi Madrid.

Cristiano Ronaldo (AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Ronaldo adalah pemain terbaik yang dimiliki klub saat ini. Ia sudah mencetak 312 gol dari 300 penampilan -- capaian yang terbilang amat luar biasa. Presiden klub, Florentino Perez tentunya tak mau diamuk massa jika memutuskan untuk menjual Ronaldo.

2. Harga Ronaldo = Rp 1,67 triliun

Madrid membeli Ronaldo dari Manchester United pada tahun 2009 dengan harga 80 juta poundsterling atau nyaris Rp 1,7 triliun -- rekor pembelian termahal sepanjang sejarah pada saat itu.

Cristiano Ronaldo ketika pertama kali datang ke Santiago Bernabeu pada tahun 2009

Namun apakah El Real ingin merugi jika harus melepas kembali Ronaldo dengan harga yang lebih murah, diyakini MU tak akan bersedia menebus CR7 dengan harga lebih dari Rp 1,6 triliun. Karena apabila MU bersedia, maka mereka lah pihak yang dirugikan.

3. Ronaldo masih belum tergantikan

Apakah ada pemain yang bisa menggantikan sosok Ronaldo di Santiago Bernabeu? Mungkin jawabannya hanya satu, yakni andai Barcelona mau melepas Lionel Messi ke Madrid. Karena hanya Messi lah yang menjadi saingan terberat Ronaldo.

Lionel Messi (AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ)

Gareth Bale yang diboyong mahal Los Blancos pada 2013 lalu masih belum mampu menunjukkan tajinya sebagai pemain terbaik dunia -- ia tidak memiliki standar layaknya Ronaldo.

Jadi jika Los Blancos ingin menjual pemain peraih tiga kali Ballon d'Or itu, pastikan mereka sudah memiliki pemain yang selevel dengannya.

4. MU memiliki banyak pemain setipe Ronaldo

Setan Merah sudah mendatangkan empat pemain anyar mereka di musim ini. Salah satunya adalah pemain yang beroperasi di sayap kiri yakni Memphis Depay.

Tak hanya Depay, manajer Louis van Gaal masih memiliki nama lainnya seperti Angel di Maria, Juan Mata dan Ashley Young di posisi tersebut.

Memphis Depay (manutd)

Andai Manchester United jadi mendatangkan Ronaldo, kemungkinan besar top scorer La Liga musim lalu itu akan berperan menjadi striker tengah. Padahal statistik mencatat, Ronaldo lebih hebat di MU ketika bermain sebagai pemain sayap.

5. Cekcok antara Ronaldo dan Benitez terlalu diberitakan berlebihan

Berita perseteruan Ronaldo dan Benitez mungkin tak 'semenegangkan' seperti apa yang diberitakan media massa. Benitez sendiri mengaku hubungannya dengan sang pemain bintang normal-normal saja alias tak ada masalah.

Rafael Benitez (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Hubungan saya dengannya sama dengan pemain lainnya. Saya berbicara kepada mereka semua. Ada orang-orang yang berspekulasi tentang ini itu tapi saya bisa yakinkan hubungan saya dengan Ronaldo berjalan normal," tutur Benitez.

Jadi para petinggi Madrid mungkin tak perlu pusing dengan pemberitaan-pemberitaan di media sana.

Baca juga:

Cristiano Ronaldo Bersiap Tinggalkan Real Madrid?

Kalahkan Ronaldo, Messi Raih Penghargaan Atlet Terbaik Dunia

Pemain Ini Pengganti Cristiano Ronaldo di Real Madrid?

Video Populer

Foto Populer