Sukses


"Andai Catalunya Merdeka, Barcelona Rugi Rp 8,18 Triliun"

Bola.com, Barcelona - Kerugian besar bakal dialami Barcelona jika Catalunya merdeka dari Spanyol. Blaugrana terancam mengalami kerugian senilai 500 juta euro atau setara Rp 8,185 trilun.

Wacana pemisahan Catalunya dari Spanyol kembali mencuat belakangan ini. Kasus ini menjadi yang paling hangat diperbincangkan pada pemilihan Anggota Parlemen pada Minggu (20/9/2015) waktu setempat.

Banyak insan sepak bola yang mendukung keputusan Catalunya memisahkan diri dari Spanyol. Kebanyakan dari mereka pernah merasakan menjadi penghuni klub Barcelona. Mereka adalah Pep Guardiola, Xavi Hernandez, dan Gerard Pique.

Namun, tak demikian halnya dengan Presiden El Barca, Josep Maria Bartomeu. Dia menyatakan kubunya tak ingin terlibat dalam kampanye pemilu.

"Kami selalu fokus pada olahraga, tidak kampanye politik. Untuk saat ini, klub tetap netral," katanya.

Presiden Catalunya, Artur Mas, mengisyaratkan akan mengadakan pemilihan umum (pemilu) pada Sabtu 26 September 2015.

Dalam pemilu tersebut juga akan dilakukan referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol. Jika hal itu terjadi, tentu bakal menjadi kerugian besar bagi Barca. Lionel Messi dan kawan-kawan tak serta merta bisa tampil di ajang Liga Champions yang menjanjikan banyak pundi-pundi uang bagi mereka.

Mengapa bakal terdepak dari Liga Champions? Alasannya Liga Catalunya harus menjalani penghitungan koefisien baru dari otoritas sepak bola Eropa, yakni UEFA. Dengan demikian, para penghubi liga ini tak bisa lagi langsung tampil di Liga Champios karena koefisiennya belum cukup. Beda dengan La Liga yang memiliki koefisien tertinggi di UEFA dan merupakan kompetisi nomor satu di Eropa saat ini.

Seperti dilansir AP, Barcelona merupakan klub kedua terkaya di dunia setelah Real Madrid. Bulan ini saja, Blaugrana mengumumkan ramalan keuntungan yang bakal mereka dapatkan pada musim 2015 - 2016 mencapai 633 juta euro (Rp 10 triliun).

Jose Maria Gay, Profesor Finansial Ekonomi-Akunting Universitas Barcelona dan pengamat finansial klub-klub La Liga, meramalkan Barca akan menderita kerugian sebesar Rp 8,185 trilun. Kerugian itu baru dihitung dari hilangnya pendapatan jika Barcelona tak lagi berpartisipasi di ajang La Liga.

Masih banyak lagi kerugian lainnya yang akan dialami Barca jika Catalunya merdeka. Barcelona terancam tak bisa kompetitif karena tak punya lawan dengan level sebanding dan bisa berujung pada eksodus besar-besaran para bintangnya.

 

Baca Juga:

Ronaldo Bangga Kalahkan Rekor Lionel Messi

5 Momen Terbaik Lionel Messi di Liga Champions

Siapa yang Terbaik, Messi atau Ronaldo?

Video Populer

Foto Populer