Sukses


5 Rekor Messi yang Sulit Dipatahkan Pemain Lain

Bola.com - Bintang Barcelona, Lionel Messi, kembali berpeluang merebut titel pemain terbaik di dunia setelah terpilih menjadi nomine Ballon d'Or 2015. 

Messi menjadi nomine peraih Ballon d'Or 2015 bersama rekan satu timnya di skuat Blaugrana, Neymar dan penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pengumuman pemenang penghargaan tersebut bakal dilangsungkan pada gala FIFA Ballon d'Or di Zurich, 11 Januari 2016.

Selama beberapa tahun terakhir, Messi dan Ronaldo kerap bersaing ketat meraih penghargaan tersebut. Teranyar, Ronaldo berhasil mengalahkan Messi saat berhasil memenangi Ballon d'Or 2013 dan 2014, meski Messi sebelumnya berhasil memenangi penghargaan itu selama empat tahun beruntun. 

Di balik persaingan itu, Messi tetaplah dianggap sebagai salah satu pemain istimewa dalam dunia sepak bola. Bahkan, ada beberapa rekor bintang Asal Argentina tersebut yang rasanya bakal sulit dipatahkan pemain lain hingga beberapa tahun ke depan. Berikut ini rekor-rekor yang dimaksud. 

Buku rekor dunia

Pada 2012, Messi tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan kemasan 91 gol di semua kompetisi. Torehan tersebut mengalahkan raihan legenda tim nasional Jerman, Gerd Muller, yang mengemas total 85 gol sepanjang 1972. Menariknya, Muller mencatatkan rekor itu pada usia 27 tahun, sementara Messi 25 tahun. 

Ballon d'Or

Koleksi trofi Ballon d'Or Lionel Messi. (Barcelona)

Messi saat ini berstatus sebagai satu-satunya pemain dalam dunia sepak bola yang mampu mengoleksi empat penghargaan FIFA Ballon d'Or. Bintang kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 itu meraih empat gelar secara beruntun bersama Barcelona pada periode 2009 hingga 2012. 

Selain itu, Messi juga tercatat sebagai pemain termuda saat didaulat sebagai pemain terbaik dunia edisi 2012 Ketika itu, penyerang yang memiliki julukan La Pulga tersebut berusia 24 tahun, 6 bulan, dan 17 hari. 

Gol terbanyak di La Liga

Penyerang Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol keduanya kegawang AS Roma pada laga Grup E Liga Champions di Camp Nou, Spanyol, Rabu (25/11). Barcelona menang telak atas AS Roma dengan skor 6-1. (AFP/Lluis GENE)

Bisa dibilang, Messi dan Ronaldo mendominasi La Liga dalam beberapa tahun terakhir jika mengacu terhadap jumlah gol. Akan tetapi, pada musim 2011-12, Messi tampil superior dengan mengemas total 50 gol dari 37 pertandingan, yang membuatnya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak selama semusim di La Liga.

Pada musim 2014-15, Ronaldo hampir menyamai rekor tersebut. Namun, bintang asal Portugal itu hanya mampu mencetak 48 gol dari total 35 pertandingan.

Assist terbanyak di La Liga

 

Aksi Lionel Messi saat berusaha melewati pemain Real Sociedad, Geronimo Rulli, dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu (28/11/2015). (AFP/Lluis Gene)

Messi tidak hanya mahir mencetak gol, tetapi juga cukup jeli melakukan assist. Sejauh ini, Messi tercatat sebagai pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah La Liga dengan torehan 132 assist, mengalahkan rekor mantan pemain Barcelona dan Madrid, Luis Figo (105 assist).

Pemain termuda yang mencatatkan 100 penampilan di Liga Champions

Pemain Barcelona, Lionel Messi, saat mencetak gol dengan menaklukkan kiper AS Roma, Wojciech Szczesny, dalam laga Grup E Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (25/11/2015) dini hari WIB. (AFP Photo/Josep Lago)

Messi memulai debut di Liga Champions saat menghadapi Shakhtar Donetsk pada 2004. 11 tahun berselang, ia pun mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda yang menorehkan 100 penampilan di ajang Liga Champions, saat menghadapi AS Roma, di Olimpico, 17 September 2015. 

Rekor itu pun semakin berkesan bagi Messi karena terjadi di Stadion Olimpico, tempat Barcelona sukses meraih gelar Liga Champions pada 2009. Barcelona berhasil mengalahkan Manchester United pada partai puncak dan Messi menyumbang satu gol untuk kemenangan tersebut. 

Sumber: Sportskeeda

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer