Sukses


Henry Bocorkan Rahasia Sukses Barcelona di Era Guardiola

Bola.com, London - Thierry Henry membocorkan rahasia sukses Barcelona di bawah besutan Pep Guardiola. Henry mengungkapkan kunci permainan Blaugrana adalah percaya kepada rekan setim.

Pria yang kini berusia 38 tahun itu sempat tiga tahun berseragam El Barca dari 2007 hingga 2010. Namun Henry kerap diturunkan sebagai sayap kiri oleh Guardiola ketimbang penyerang tengah seperti saat membela Arsenal. 

Meski kerap bermain sebagai winger, karier Henry bersama Barcelona terbilang sukses. Dia berhasil membawa Los Cules meraih dua gelar La Liga dan Liga Champions musim 2008-2009.

"Seberapa sering Anda melihat sebuah pemain turun ke belakang untuk meminta bola? Hal itu tidak terjadi di Barcelona. Anda diwajibkan percaya kepada teman dan tak meninggalkan posisi Anda. Contohnya ketika saya berada di sayap kiri dan menjaga bek kanan lawan, itu membuat Andres Iniesta menguasai bola di tengah," papar Henry kepada Sky Sports.

"Guardiola selalu menekankan kebebasan untuk berkreativitas andai Anda sudah sampai ke pertahanan lawan. Jika bola belum sampai ke daerah tersebut, Anda tidak boleh berkreasi dan Guardiola akan marah besar," lanjutnya.

Selama empat tahun menangani Barcelona, Pep Guardiola mengoleksi 14 titel dari berbagai ajang yang berbeda. Tak hanya itu, Guardiola juga disebut-sebut sudah merevolusi gaya bermain skuat Catalan.

"Guardiola selalu menekankan tiga 'P' dalam timnya yakni play, possesion, dan position. Pemain yang ada di kanan tak boleh melepaskan umpan ke pemain yang ada di kanan begitupun sebaliknya. Semuanya teratur tetapi jika sampai di kotak penalti lawan, Anda bebas melakukan apa saja."

"Saya pernah melanggar peraturan itu ketika kami bertemu Sporting Lisbon. Pada laga itu saya mencetak gol dan membawa tim unggul 1-0. Namun dia mengganti saya, sama halnya dengan Louis van Gaal di Manchester United, ketika Pep punya rencana maka hargailah rencana tersebut," paparnya.

Barcelona kini memuncaki klasemen sementara La Liga dengan 35 poin hasil dari 15 pertandingan yang sudah dijalani. Namun mereka masih punya satu tabungan pertandingan karena pada Desember mereka harus bermain di ajang Piala Dunia Antarklub 2015.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer