Sukses


Pertaruhan Nama Besar Zidane di Real Madrid

Bola.com, Madrid - Mantan pelatih tim nasional Prancis, Raymond Domenech, menilai Zinedine Zidane bakal mempertaruhkan nama besarnya dalam dunia sepak bola jika gagal melatih Real Madrid. 

Zidane resmi ditunjuk sebagai pelatih Madrid menggantikan Rafael Benitez yang dipecat pada Senin (4/1/2016) waktu setempat. Penunjukkan mantan pemain Juventus dan Real Madrid itu pun langsung memunculkan pro dan kontra bagi beberapa pecinta sepak bola.

Salah satu alasannya lantaran Zidane dinilai belum memiliki pengalaman cukup untuk klub besar seperti Madrid. Maklum, pelatih berusia 44 tahun itu baru memulai karier kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih Los Blancos pada  masa kepemimpinan Carlo Ancelotti pada 2013-14.

Namun setelah Carlo Ancelotti dipecat pada akhir musim 2013-14, Zidane melanjutkan kariernya sebagai pelatih Real Madrid Castilla sejak 2014. 

"Zidane adalah mitos. Sebuah mitos yang mampu membangkitkan emosi orang lain, dan itu tidak selalu positif. Dia bukanlah bintang yang tanpa masalah. Dia juga bukan sosok yang baik, melainkan bisa juga melakukan segalanya dan itu yang membuatnya menjadi manusia setengah dewa,," kata Domenech.

Zidane memiliki perjalanan karier yang cemerlang saat masih aktif sebagai pesepak bola. Bersama Juventus selama lima musim (1996-2001), Zidane sukses mempersembahkan tiga trofi Scudetto, satu Piala Super Italia, Piala Super Eropa, Piala Intercontinental, dan Piala Intertoto.

Setelah itu, Zidane memutuskan bergabung dengan Madrid pada 2001 hingga 2006. Bersama skuat Los Galacticos, dia sukses mempersembahkan dua trofi Piala Super Spanyol, Satu La Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Intercontinental.

Sementara itu, di kancah Internasional, karier Zidane pun cukup impresif karena menjadi salah satu sosok penting keberhasilan skuat Les Bleus saat menjuarai Piala Dunia 1998. 

"Sekarang, Zidane akan dinilai berdasarkan hasil. Jika dia seorang juara, gelar legenda akan semakin menguat pada dirinya. Namun, kalau itu tidak terjadi, sudah ada contoh lain, yakni Jose Mourinho yang juga dewa dan kita semua melihat apa yang terjadi kepadanya. Olahraga sangat kejam," ungkap Domenech.

Zidane akan melakoni laga pertama bersama Real Madrid melawan Deportivo La Coruna di Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (9/1/2016) waktu setempat.

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer