Sukses


Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi, Tarung 2 Raja Sepak Bola

Bola.com — Selama satu dekade, bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan penyerang Barcelona, Lionel Messi, selalu bersaing menjadi yang teratas dalam dunia sepak bola. Teranyar, giliran Cristiano Ronaldo yang mencatatkan namanya sebagai pemain terbaik di dunia, mengalahkan Lionel Messi. 

Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Ballon d'Or 2016 setelah mampu mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions dan tim nasional Portugal meraih Piala Eropa. Teranyar, pemain berusia 31 tahun itu sukses membawa Los Blancos meraih Piala Dunia Antarklub. 

Seusai pertandingan di Jepang, berbagai rekor pun kembali tercipta dari kaki sang pemain. Salah satunya adalah catatan sebagai pemain pertama yang mampu menorehkan hattrick pada partai final Piala Dunia Antarklub. Lantas, bagaimana dengan Lionel Messi?

Meski gagal meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dunia 2016, Lionel Messi jelas tidak akan tenggelam begitu saja. Sejarah, dalam beberapa tahun terakhir, mencatat, Lionel Messi justru akan tampil lebih garang jika Cristiano Ronaldo meraih sukses dalam periode satu tahun. 

Hal itulah yang kiranya membuat kedua pemain tersebut terus bergantian mengisi daftar peraih penghargaan pemain terbaik dunia sejak 2010. Keduanya selalu ingin bersaing menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa poin persaingan "tiada akhir" dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi: 

Gol final

Menurut catatan Marca, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sejauh ini sudah tampil dalam 16 final turnamen berbeda. Dari jumlah tersebut, Lionel Messi memiliki catatan lebih bagus ketimbang Cristiano Ronaldo lantaran mampu menorehkan 25  gol dari 14 pertandingan. 

Adapun Cristiano Ronaldo baru mencetak 13 gol dalam total 11 pertandingan final. Teranyar, Cristiano Ronaldo menorehkan tiga gol saat Real Madrid mengalahkan Kashima Antlers, 4-2, pada final Piala Dunia Antarklub 2016. 

Gol Liga Champions

Real Madrid jelas lebih sukses ketimbang Barcelona dalam beberapa tahun terakhir andai berbicara soal performa di ajang Liga Champions. Hal tersebut pun bergaris lurus dengan penampilan Cristiano Ronaldo. 

Pada musim 2013-2014, setelah Real Madrid memastikan diri meraih La Decima (gelar ke-10 Liga Champions), Cristiano Ronaldo menorehkan rekor fantastis dengan mencetak total 17 gol. Pada musim lalu, ia mengemas total 16 gol di ajang yang sama. 

Sementara itu, raihan jumlah gol Lionel Messi pada ajang Liga Champions sejauh ini hanya 14 sejak musim 2011-12. Namun, Lionel Messi masih berpeluang mengalahkan rekor Cristiano Ronaldo karena pada musim ini sudah menorehkan total 10 gol pada fase grup. 

2 dari 3 halaman

Eropa dan Hattrick

Eropa

Dalam sejarah keikutsertaan dalam turnamen Eropa, Cristiano Ronaldo tercatat sudah menorehkan total 98 gol, sedangkan Lionel Messi baru mencetak 96 gol. Jika digabung dengan turnamen internasional, misalnya seperti Piala Dunia Antarklub, selisih gol kedua pemain pun sama (103-101). 

Namun, jika ditotalkan dalam semua kompetisi, Cristiano Ronaldo unggul jauh atas Lionel Messi. Cristiano Ronaldo tercatat telah mengumpulkan 504 gol dari 689 pertandingan, sedangkan Lionel Messi baru mengoleksi 475 gol dalam 551 laga. 

Hattrick

Hattrick Lionel Messi ke gawang Manchester City menambah koleksi hattrick-nya menjadi 7 di Liga Champions. Performanya berhasil mengungguli koleksi Cristiano Ronaldo, yang mengemas 5 hattrick. (Action Images via Reuters/John Sibley).

Cristiano Ronaldo tercatat telah menorehkan 45 kali hattrick, sedangkan Lionel Messi, 41. Namun, Lionel Messi bisa mengungguli Cristiano Ronaldo andai berbicara soal siapa pemain yang paling banyak menorehkan tiga gol dalam satu laga di ajang Liga Champions. 

Lionel Messi sejauh ini sudah tujuh kali mencetak hattrick di turnamen tersebut, sedangkan Cristiano Ronaldo baru lima. Di ajang La Liga, Cristiano Ronaldo sempat menorehkan total tiga hattrick, mengalahkan catatan dua hattrick milik Lionel Messi pada musim 2011-2012. 

3 dari 3 halaman

Ballon d'Or

Ballon d'Or

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam satu dekade terakhir silih berganti tercatat sebagai pemain terbaik dunia. Cristiano Ronaldo sejauh ini sudah mengoleksi empat trofi, sementara Lionel Messi sudah lima kali mendapat penghargaan Ballon d'Or. 

Cristiano Ronaldo pertama kali meraih Ballon d'Or pada 2008. Namun, Lionel Messi langsung bereaksi atas rivalnya tersebut dengan meraih gelar yang sama selama empat tahun beruntun pada 2009 hingga 2012.

Melihat Lionel Messi mendominasi, Cristiano Ronaldo gantian tidak tinggal diam. Alhasil, selama dua tahun pada 2013 dan 2014, giliran Cristiano Ronaldo yang tercatat sebagai pemenang FIFA Ballon d'Or. Pada 2015, giliran Lionel Messi yang keluar sebagai pemenang. 

Musim terbaik

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan) dalam konferensi pers jelang penganugerahan FIFA Ballon d'Or 2015 di Kongresshaus, Zurich, Selasa (12/1/2016) dini hari WIB. Messi akhirnya meraih gelar tersebut pada edisi 2015. (AFP/Olivier Morin).

Jika berbicara soal kehebatan selama satu musim, Lionel Messi pernah mencatatkan raihan luar biasa saat menorehkan total 73 gol pada musim 2011-2012. Sementara itu, performa terbaik Cristiano Ronaldo sejauh ini hanya mencetak 61 gol, tiga tahun berselang. 

Cristiano Ronaldo baru saja mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mampu menorehkan 50 gol selama semusim dalam enam tahun terakhir. Adapun Lionel Messi tercatat sebagai pemain pertama yang berhasil mencetak 40 gol selama satu musim dalam tujuh tahun terakhir. 

Sumber: Marca, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

Video Populer

Foto Populer