Sukses


2 Bintang Barcelona Ogah Bermain di China

Bola.com, Barcelona - Dua bintang Barcelona, Andres Iniesta dan Arda Turan tak tertartik untuk memperkuat salah satu klub di China. Iniesta dan Turan kompak menyebut Liga Super China bukan tujuan berikutnya selepas kontrak bersama Barca berakhir.

Klub-klub di Liga Super China memang dikenal royal dalam menggeluarkan uang untuk belanja pemain. Oscar dan Carlos Tevez adalah dua pesepak bola top dunia yang baru saja diaget untuk melanjutkan karier di China.

Oscar ditebus Shanghai SIPG dari Chelsea dengan banderol yang mencapai 60 juta poundsterling (Rp 998 miliar) pada 23 Desember 2016. Harga tersebut membuat Oscar menjadi pemain termahal yang pernah dijual Chelsea.

Sementara itu, Tevez digaet Shanghai Shenhua dari Boca Juniors dengan nilai yang kabarnya mencapai 70 juta pounds (Rp 1,05 triliun). Harga tersebut membuat bomber 32 tahun itu menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Super China.

Selain dibeli dengan harga mahal, Oscar dan Carlos Tevez juga menerima bayaran selangit. Oscar dibayar 400 ribu poundsterling (Rp 6,6 miliar) per pekan, sedangkan Tevez mendapatkan gaji 500 ribu poundsterling (Rp 7,5 miliar) per pekan.

Setelah Oscar dan Tevez, klub-klub di Liga Super China belum akan berhenti memboyong pemain bintang ke Negeri Tirai Bambu, salah satu yang menjadi buruan adalah Andres Iniesta. Apalagi, kontrak Iniesta bersama Barcelona akan usai pada 30 Juni 2018.

"Mereka tidak pernah menghubungi saya. Bahkan, saya tidak memiliki penerjemah bahasa China. Setiap orang bertanggung jawab atas masa depan mereka sendiri dan itu keputusan mereka. Tetapi semua keputusan harus dihormati, setiap pemain memiliki keinginan dan pendapat mereka sendiri," ujar Iniesta.

"Namun benar mereka menawarkan sesuatu dan situasi yang membuat manusia berpikir: setiap orang mencoba untuk memutuskan masa depan di mana mereka pikir mereka harus lakukan, tetapi saya tidak berpikir untuk bermain di negara lain," lanjut kapten Barcelona ini.

2 dari 2 halaman

Arda Turan

Arda Turan juga disebut-sebut masuk dalam daftar pemain buran klub-klub di Liga Super China. Dikabarkan Sport, salah satu klub di China siap membayar pemain 29 tahun tersebut gaji hingga 30 juta euro (Rp 425 miliar) per tahun.

Akan tetapi, gelandang timnas Turki itu sama sekali tak memikirkan untuk hengkang ke China. Sebab, dia masih menikmati kariernya bersama Barcelona dan masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2020.

"Saya membaca mengenai tawaran dari China di koran. Ini bagaimana semuanya bekerja. Klub mungkin membicarakannya. Saya sangat senang di Barcelona. Saya memiliki kontrak sampai usia 33 tahun," kata Turan.

"Saya di klub terbesar di dunia. Apalagi yang bisa saya katakan? Saya yakin saya bagian penting di skuat Barcelona. Saya mencoba untuk melakukan yang terbaik. Menurut saya, penampilan saya sebagai bukti," paparnya.

Andres Iniesta dan Arda Turan tampil gemilang pada musim ini. Iniesta mampu menorehkan satu gol plus lima assist dari 13 laga, sedangkan Turan sukses mencetak 11 gol dan tujuh assist dari 19 pertandingan.

Sumber: Sport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer