Sukses


Pilih Manchester United atau Paris St-Germain, Cristiano Ronaldo?

Bola.com, Madrid - Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo sudah gerah bermain di Spanyol, karena tersangkut dugaan penggelapan pajak. Cristiano Ronaldo dikabarkan sedang mencari klub baru pada musim panas 2017.

"Cristiano Ronaldo sangat sedih dan kesal. Dia tidak ingin tinggal di Spanyol. Pada saat ini, dia jelas ingin pergi," kata sumber terdekat sang pemain seperti dilansir BBC, Jumat (16/6/2017).

Dari banyak klub yang berminat, Cristiano Ronaldo paling mungkin bergabung dengan Manchester United dan Paris Saint-Germain. Opsi lain yang mungkin meskipun kecil terwujud adalah memilih bermain di China.

Kembali ke Manchester United bisa menjadi pilihan realistis bagi Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 32 tahun itu memiliki kenangan manis bermain untuk Manchester United pada periode 2003-2009.

Cristiano Ronaldo dibawa manajer Setan Merah saat itu Sir Alex Ferguson dari Sporting CP. Di bawah asuhan Ferguson, Cristiano Ronaldo mampu mengeluarkan kemampuan terbaik hingga terkenal sebagai satu di antara pemain hebat dunia.

Cristiano Ronaldo menyumbangkan sembilan gelar dalam enam musim berseragam Manchester United. Dia pun pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2008.

Kemungkinan memilih Manchester United cukup masuk akal. Apalagi, Manchester United kini dilatih Jose Mourinho, mantan pelatihnya saat masih di Real Madrid dan juga sama-sama berasal dari Portugal.

Ditambah, Cristiano Ronaldo dan Mourinho juga ditangani oleh agen yang sama, Jorge Mendes. Kedekatan itu yang bisa membawa Cristiano Ronaldo pulang ke Old Trafford.

2 dari 3 halaman

Mencoba tantangan di Paris Saint-Germain

Klub selanjutnya yang mungkin menjadi pilihan Cristiano Ronaldo adalah Paris Saint-Germain. Faktor finansial dan perkembangan signifikan Paris Saint-Germain bisa menjadi daya tarik Cristiano Ronaldo.

Paris Saint-Germain tidak akan kesulitan mengeluarkan biaya besar untuk meminang Cristiano Ronaldo. Menurut Transfermarkt, nilai pasar Cristiano Ronaldo sekarang berkisar pada angka 85 juta poundsterling. Namun, Cristiano Ronaldo tetap layak bila dihargai lebih dari 100 juta poundsterling dan menjadikannya pemain termahal dunia mengalahkan rekor Paul Pogba.

Paris Saint-Germain juga bisa dengan mudah memberikan gaji besar kepada Cristiano Ronaldo. Saat ini, pemain asal Portugal itu diperkirakan menerima pendapatan sebesar 28 juta poundsterling per musim.

Cristiano Ronaldo pun bisa mendapatkan sebuah tim yang kompetitif bila bergabung ke Paris Saint-Germain. Di klub tersebut dihuni para pesepak bola papan atas, seperti Angel Di Maria yang juga mantan rekan Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Menyeberang ke China

Opsi lain bagi Cristiano Ronaldo adalah berkiprah di China. Ekspansi besar-besaran para pemain dari Eropa menuju China sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi, klub-klub China rela mengeluarkan gaji tinggi untuk para pemain yang memiliki pengalaman tampil di Eropa. Hal ini bisa menjadi godaan bagi Cristiano Ronaldo jika memikirkan soal gaji yang bisa diterimanya.

Namun, karakter Cristiano Ronaldo bisa saja menyulitkan klub-klub China untuk memboyongnya. Sang pemain dikenal memiliki motivasi dan ambisi besar untuk selalu berada di atas pemain lain.

Cristiano Ronaldo bisa kehilangan daya tarik bila memutuskan pindah ke China yang minim pemberitaan media-media dunia. Bahkan, Cristiano Ronaldo bisa kehilangan tempat di skuat tim nasional Portugal karena kompetisi di China tidak seketat di Eropa.

Kini, keputusan ada di tangan Cristiano Ronaldo dan juga Real Madrid. Masa depan Cristiano Ronaldo mungkin akan terkuak dalam beberapa pekan mendatang.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer