Sukses


3 Pesepak Bola asal Belanda yang Menikmati Kesuksesan di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Frenkie de Jong jadi salah satu rekrutan bernilai Barcelona pada bursa tranfer musim panas ini. Ia sudah membuat debutnya bersama Blaugrana.

De Jong tampil cukup mengesankan bagi Barcelona dalam pertandingan pramusim melawan Chelsea. Ia diyakini bisa menjadi pemain kunci The Catalan pada musim depan.

Pemain berusia 22 tahun itu mencapai kesepakatan dengan klub Catalan pada bulan Januari. Para penggemar tentunya sudah tidak sabar untuk melihat seluruh kemampuannya.

Barcelona sendiri harus merogoh koceknya dalam-dalam untuk mendatangkan De Jong. Sang pemain ditebus dengan biaya yang mencapai 75 juta euro.

De Jong menjadi pemain Belanda ke-20 yang pindah ke Camp Nou dalam sepanjang sejarah klub yang berusia 119 tahun. Ia pun tentu saja diharapkan bisa meneruskan kesuksesan para pendahulunya.

Berikut ini tiga pemain terbaik Belanda yang pernah mengenakan kostum Barcelona seperti dilansir Madaboutepl.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 4 halaman

Johan Cruyff

Transfer Johan Cruyff ke Barcelona akan tercatat sebagai momen paling signifikan dalam sejarah sepakbola. Sebab, efek dari transfer itu masih terus mempengaruhi dunia sepakbola hingga hari ini.

Cruyff pindah dari Ajax ke Barcelona pada musim panas 1973 dengan nilai transfer 2 juta euro. Itu bisa dibilang transfer yang cukup mahal pada saat itu.

Dia membuat 139 penampilan dan mencetak 47 gol untuk klub Catalan pada era di mana kasta tertinggi sepak bola Spanyol didominasi oleh rival abadinya Real Madrid.

Pria asal Belanda itu berhasil mempersembahkan gelar La Liga pada musim debutnya. Hal itu membuat Blaugrana mulai meraih kejayaan domestik setelah 13 tahun yang suram.

Cruyff juga memenangkan pemain terbaik Eropa tahun 1974. Ia mengangkat Piala Spanyol di musim pamungkasnya sebelum pindah ke Los Angeles Aztecs pada 1978.

   

3 dari 4 halaman

Ronald Koeman

Manajer Belanda saat ini itu adalah bagian penting dari Dream Team asuhan Cruyff di Barcelona yang membuat para penggemar kagum dengan gaya permainan 'Juego de Posicion' mereka.

Koeman mencetak salah satu gol terpenting dalam sejarah Barcelona. Golnya itu membuat Blaugrana mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka pada 1992.

Koeman tiba dari PSV Eindhoven dengan biaya 5,67 juta euro, tampil dalam 192 pertandingan dan mencetak 67 gol untuk klub. Dia juga mengangkat 10 trofi termasuk 4 gelar liga selama 6 tahun bermain di Camp Nou.

Koeman menyelesaikan musim 1993-94 sebagai pencetak gol terbanyak sebelum meninggalkan klub untuk Feyenoord pada tahun 1995.

4 dari 4 halaman

Patrick Kluivert

Yang terbaru dari ketiganya, Kluivert tiba di Barcelona dari AC Milan pada tahun 1998. Sang striker direkrut dengan biaya yang mencapai 20 juta euro.

Kluivert total membuat 182 penampilan untuk raksasa Spanyol tersebut. Ia mencetak 89 gol selama enam musim di Camp Nou.

Kluivert mengangkat satu-satunya gelar liga pada musim debutnya. Ia meninggalkan klub untuk Newcastle United dengan status bebas transfer pada tahun 2004.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer