Sukses


Culers atau Cules, Yuk Flashback Sebutan Bagi Fans Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona memiliki beberapa julukan, satu di antaranya adalah Los Cules. Uniknya, nickname tersebut berasal dari aksi kebiasaan para fan Barcelona ketika menonton aksi para pemain, dan itu terjadi pada masa lampau.

Jutaan fans Barcelona di seluruh dunia dengan bangga dikenal dengan julukan cules, baik saat menonton Barca di Camp Nou ataupun di berbagai belahan negara lainnya. Namun, banyak pecinta sepak bola yang mungkin juga menanyakan, kenapa fans Barcelona dijuliki dengan cules.

Situs LaLiga merilis, sebutan cules bagi fans Barcelona berkaitan erat dengan sejarah klub. Ketika Barcelona berdiri, mereka sering bermarkas di lapangan berbeda. Kemudian di tahun 1909 dan 1922, Barcelona bermain di Carrer De La Industria atau jalan Industri yang disebut Carrer De Paris.

Banyak orang yang berkumpul di lapangan tersebut saat Barcelona bertanding. Tim asal Catalan itu sudah memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton. Hal itu berlatar Barcelona sudah sering menjuarai Copa Del Rey dan memiliki pemain yang bertabur bintang, seperti Paulino Alcantara, gelandang Josep Samitier, dan kiper milik Barca, Ricardo Zamora.

 

Video Barcelona

2 dari 3 halaman

Semakin Ternama

Seiring berjalannya waktu, Barcelona berkembang dan berimbas semakin menarik banyak pendukung. Kubu Barcelona membangun tribun permanen dengan dua tingkat di samping lapangan, yang paling dekat dengan jalan.

Tribun ini resmi dibuka pada 1916, sekaligus menjadi satu di antara tribun yang dibangun dalam lapangan sepak bola di negara Matador. Lalu, kapasitas tribun bertambah hingga enam ribu penonton.

Para pejalan kaki yang berada di dekat stadion, saat Barcelona bertanding akan disuguhkan pemandangan barisan fans yang duduk di dinding stadion tribun atas. Pemandangan ini mengundang tawa dan dianggap lucu bagi para pejalan kaki ataupun penonton yang telat datang.

 

3 dari 3 halaman

Para Warga

Semakin berjalannya waktu, para warga sekitar stadion mulai memanggil fans Barcelona dengan sebutan Culers atau Cules. Cules memiliki arti mereka yang menunjukan punggungnya. Pada akhirnya, julukan tersebut diadopsi dengan bangga sebagai identitas penggila Barcelona.

Julukan cules masih popular dan tersemat saat Barcelona sudah pindah ke lapangan terdekat, yaitu Les Corts yang dibuka pada 1922. Nama cules masih eksis hingga saat ini, baik dari obrolan dan status media sosial fans Barcelona. (Fabio Nainggolan)

Sumber: YouTube Starting Eleven Feed

Video Populer

Foto Populer