Sukses


Liga Spanyol: Utang Barcelona Menggunung, Termasuk Rp481 Miliar Pembayaran Philippe Coutinho ke Liverpool

Bola.com, Jakarta Kondisi keuangan Barcelona tidak baik-baik saja. Klub Catalan itu telah merilis laporan keuangan tahunan, Senin (25/1/2021), yang ternyata masih menanggung utang kepada sejumlah klub. 

Total utang Barcelona mencapai 112 juta pounds (Rp2,1 triliun) pada 19 klub berbeda terkait transfer pemain. Umumnya ini terjadi pada kasus transfer pemain yang dibayar secara berkala.

Adapun dalam utang 112 juta pounds itu, jumlah terbesar adalah utang 25 juta pounds atau sekitar Rp481 miliar rupiah pada Liverpool terkait transfer Philippe Coutinho yang disepakati sebesar 142 juta pounds (Rp2,73 triliun) beberapa tahun lalu.

Pembelian Coutinho memecahkan rekor transfer Barcelona, yang nahasnya justru gagal total. Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen, dan kini pun kembali dihantam cedera di Barcelona.

Menurut The Sun, Barca telah membayar 105 juta pounds di muka untuk transfer Coutinho, dan pembayaran berikutnya bisa dilakukan secara berkala.

Transfer ini dituntaskan pada Januri 2018, tapi kini hingga tiga tahun kemudian, Barca belum juga bisa melunasi utang ke Liverpool.

Nahasnya, Coutinho terbilang gagal total di Barcelona. Pembelian termahal yang justru flop.

Selain masih utang ke Liverpool untuk Coutinho, Barca juga masih punya tanggungan pembayaran pada banyak klub lain. Mereka masih perlu membayar 8,8 juta pounds pada Bordeaux terkait transfer Malcom, 7 juta pounds ke Gremio untuk transfer Arthur, juga 14 juta pounds ke Ajax Amsterdam untuk Frenkie de Jong.

Yang lebih buruk, belum ada kepastian kapan Barcelona bisa membayar utang-utang tersebut. Bahkan saat ini kondisi klub ada di ambang kebangkrutan karena defisit besar setahun terakhir akibat pandemi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Perincian Utang Transfer Barcelona

Philippe Coutinho (Liverpool) - 25,98 juta pounds

Frenkie De Jong (Ajax Amsterdam) - 14,22 juta pounds

Malcom (Boedeaux) - 8,8 juta pounds

Trincao (Braga) - 8,55 juta pounds

Junior Firpo (Real Betis) 7,99 juta pounds

Arthur Melo (Gremlo) 7,08 juta pounds

Neto (Valencia) 5,77 juta pounds

Emmerson (Atletico Madrid) 5,33 juta pounds

Utang lainnya: 28,28 juta pounds

 

Sumber: The Sun, Barcelona

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 26/1/2021) 

Video Populer

Foto Populer