Sukses


MOTION GRAFIS: Perjalanan Sang Legenda Lionel Messi di Barcelona

Bola.com, Jakarta Usai sudah perjalanan Lionel Messi bersama Barcelona. Ia resmi berpisah dengan klub yang telah dibelanya selama 20 tahun pada bulan juli lalu.

Sederet kisah yang telah ia ciptakan bersama Barcelona memang sangat banyak, ia juga pernah mengalami jatuh bangun di Barcelona.

La Pulga merupakan pemain asli jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia. Setelah memperkuat tim junior, Barcelona C dan Barcelona B, Lionel Messi akhirnya mendapat kesempatan membela skuad senior pada musim 2004/2005.

Dia menjalani laga debut bersama Barca ketika bersua Espanyol pada laga pekan ketujuh La Liga, 16 Oktober 2004. Pada pertandingan tersebut, Lionel Messi masuk ke lapangan pada menit ke-82 menggantikan Deco.

Meski tak mencetak gol, Messi menorehkan rekor pada saat itu. Striker Timnas Argentina tersebut berstatus pemain termuda yang tampil bersama Barcelona di kompetisi resmi, dalam usia 17 tahun, tiga bulan, dan 22 hari.

Sejak saat itu, Lionel Messi menjadi pilar penting bagi skuad Catalan. Selama 17 musim membela Barcelona, Messi mampu mendulang 672 gol dan 305 assist dari 778 pertandingan di seluruh ajang.

Berkat peran Lionel Messi, Blaugrana berhasil merengkuh 35 titel juara. Ke-35 gelar tersebut adalah 10 trofi La Liga, empat gelar Liga Champions, tujuh gelar Copa del Rey, tiga titel Piala Dunia Antarklub, tiga trofi Piala Super Eropa, dan delapan Piala Super Spanyol.

Berikut ini, kisah perjalanan Lionel Messi dari awal ia berkarier hingga ia memutuskan untuk berpisah dengan Barcelona.

Video Populer

Foto Populer