Sukses


Liga Spanyol: Deretan Pemilik Nomor Punggung 8 di Barcelona Sebelum Kini Dipakai Dani Alves

Bola.com, Jakarta Pemilik nomor punggung delapan di Barcelona akhirnya terungkap. Adalah rekrutan baru rasa lama, Dani Alves yang secara resmi menjadi pemilik nomor punggung delapan untuk mengarungi La Liga musim 2021/2022.

Pemain asal Brasil itu dipastikan bakal mengenakan nomor punggung 8 selama berseragam Barcelona. Ia baru saja diresmikan sebagai rekrutn baru, seiring masuknya Xavu Hernandez sebagai manajer tim menggantikan Ronald Koeman.

Diketahui, Dani Alves kembali ke Barcelona musim ini. Bek sayap berusia 38 tahun tersebut diikat dengan kontrak sampai Juni 2022.

Barcelona juga bukanlah tempat asing bagi Dani Alves. Sebelumnya, mantan pemain Sevilla tersebut pernah membela panji Blaugrana pada periode 2008-2016.

Selama membela Barcelona, Dani Alves pernah mengenakan nomor punggung 20, 2 dan 6. Namun, Dani Alves memilih untuk memakai nomor punggung 8 pada periode keduanya di klub.

Sebelum Dani Alves, ada banyak pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 8 di Barcelona. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya:

2 dari 7 halaman

Miralem Pjanic

Miralem Pjanic adalah pemain terakhir yang memakai nomor punggung 8 di Barcelona sebelum Dani Alves. Pjanic memakai nomor tersebut sejak datang ke Camp Nou pada musim panas 2020.

Selama berseragam Blaugrana, Pjanic bukanlah sosok pemain reguler di lini tengah. Mantan pemain Juventus tersebut tak banyak mendapat kesempatan bermain di bawah asuhan Ronald Koeman.

Di awal musim ini, Pjanic akhirnya meninggalkan Barcelona. Gelandang asal Bosnia tersebut pindah ke Turki dengan dipinjamkan ke Besiktas.

3 dari 7 halaman

Arthur Melo

Arthur Melo digaet Barcelona dari Gremio pada 2018. Gelandang asal Brasil tersebut langsung mengenakan nomor punggung 8 setelah bergabung dengan Blaugrana.

Kehadiran Arthur diharapkan mengisi kekosongan yang ditinggalkan Andres Iniesta. Sayangnya, pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut gagal menjadi pilihan utama di lini tengah

Pada musim panas 2020, Arthur akhirnya ditukar dengan Miralem Pjanic dari Juventus. Arthur meninggalkan Camp Nou setelah mencatatkan 72 penampilan dengan torehan empat gol dan enam assist.

4 dari 7 halaman

Andres Iniesta

Setelah menembus tim utama Barcelona, Andres Iniesta sempat menggunakan nomor punggung 34 dan juga 24. Pemain yang kini membela Vissel Kobe tersebut mulai memakai nomor punggung 8 pada tahun 2007.

Nomor punggung 8 rupanya memberikan kesuksesan buat Iniesta. Sebab, pemain berusia 37 tahun tersebut berhasil menyumbangkan puluhan gelar bagi Barcelona.

5 dari 7 halaman

Ludovic Giuly

Ludovic Giuly didatangkan Barcelona dari AS Monaco pada tahun 2004. Pemain asal Prancis tersebut ditebus seharga 8,5 juta euro dan mendapat nomor punggung 8 di Camp Nou.

Giuly tampil cukup bagus di sayap kanan Barcelona. Mantan pemain Lyon tersebut mencetak 26 gol dan 16 assist dari 125 penampilan di semua kompetisi.

Seiring berkembangnya Lionel Messi, Ludovic Giuly akhirnya tersisih dari skuat Barcelona. Giuly kemudian dijual ke AS Roma pada musim panas 2007.

6 dari 7 halaman

Phillip Cocu

Phillip Cocu tidak langsung mengenakan nomor punggung 8 pada awal kedatangannya di Barcelona tahun 1998. Dia menggunakan nomor punggung 15 terlebih dahulu.

Cocu baru mengambil alih nomor punggung 8 dari Hristo Stoichkov pada musim keduanya di klub. Dia memakai nomor tersebut sampai tahun 2004.

Cocu menghabiskan waktnya di Barcelona selama enam musim. Dia mencatatkan 291 penampilan untuk klub sebelum melanjutkan kariernya di PSV.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 17/11/2021)

7 dari 7 halaman

Tengok Posisi Barcelona di La Liga

Video Populer

Foto Populer