Sukses


Liga Spanyol: Joan Laporta Indikasikan Barcelona Tanpa Transfer pada Januari 2023, Batal dong Bawa Pulang Lionel Messi?

Bola.com, Jakarta - Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengindikasikan klubnya tidak akan beraktivitas dalam bursa transfer pada Januari 2023. Klub Catalan itu masih berusaha untuk bangkit dari permasalahan finansial.

Cara yang dilakukan Barcelona belakangan adalah merekrut pemain dengan status bursa transfer. Sebagai contoh pada musim panas 2022, Blaugrana merekrut Franck Kessie dari AC Milan dan Andreas Christensen dari Chelsea secara gratis.

Namun, memang ada beberapa pemain lain yang harus direkrut dengan pembelian, seperti Raphinha, Jule Kounde, dan Robert Lewandowski.

Hal ini membuat Barcelona berusaha mencari cara baru untuk terbebas dari masalah finansial lebih cepat. Satu caranya adalah menyetop aktivitas di bursa transfer, terutama untuk urusan pembelian pemain.

2 dari 5 halaman

Sebenarnya Belum Puas Belanja Pemain

Barcelona memang sudah mendatangkan pemain baru pada musim panas lalu. Namun, kabarnya mereka masih belum puas.

Barcelona disebut akan kembali belanja pemain pada saat bursa transfer pemain dibuka pada Januari 2023. Skuad Barcelona belum terbentuk sesuai keinginan Xavi.

Joan Laporta kemudian sempat mengatakan bahwa Barcelona memang ingin belanja pemain baru pada Januari 2023.

"Kami bekerja untuk bursa musim dingin. Kami sedang dalam pembicaraan dengan staf olahraga dan staf pelatih, dengan tujuan untuk terus meningkatkan tim ini," terang Laporta kepada Barca TV pada Oktober 2022.

3 dari 5 halaman

Regulasi Financial Fair Play

Namun, Joan Laporta kemudian mengatakan ada kans Barcelona tidak akan bisa belanja pemain pada Januari 2023. Tim Catalan itu tengah terjerat aturan Financial Fair Play (FFP) dari La Liga Spanyol.

Laporta sempat mengatakan masih ada kans bagi Barcelona untuk bisa belanja pemain. Ia mengaku akan berusaha untuk bernegosiasi dengan pihak La Liga.

"Saat ini kami sedang berusaha sekuat tenaga untuk membujuk pihak La Liga agar bisa lebih fleksibel," ujarnya kepada EFE pada November 2022.

 

4 dari 5 halaman

Barcelona Bakal Puasa Belanja Pemain

Kini Joan Laporta mengisyaratkan negosiasinya dengan pihak La Liga telah gagal. Ia pun mengindikasikan Barcelona bakal puasa membeli pemain baru pada Januari 2023 nanti.

Laporta lantas berusaha menghibur fans Barcelona. Ia mengatakan tidak masalah timnya tak bisa beli pemain baru karena sekarang skuad yang ada sudah cukup bagus dan mumpuni untuk bisa bersaing meraih gelar juara.

"Kami melakukannya pada musim panas dan saat ini tidak ada tanda-tanda harus melakukan operasi. Kami punya lini tengah dengan Sergio Busquets sebagai pembawa acara, Pedri, Gavi, Frenkie de Jong, Franck Kessie," kata Laporta kepada BarcaTV.

"Di depan kami memiliki pemain seperti Ansu Fati yang sangat kami harapkan. Ada Robert Lewandowski, Ferran Torres, Raphinha, Ousmane Dembele. Untuk pertahanan, kami memiliki Ronald Araujo di tengah, dengan Eric Garcia yang tahu bagaimana mengeluarkan bola dengan sangat baik seperti para pemain hebat."

“Sementara di bawah mistar gawang, selain Marc-Andre ter Stegen, kami memiliki Inaki Pena dan Arnau Tenas. Saya lupa Alejandro Balde. Ketika Anda berbicara tentang seorang pemain, Anda harus memikirkan untuk tidak meninggalkan siapa pun. Jordi Alba juga menjalani Piala Dunia yang sangat bagus," seru Laporta.

 

5 dari 5 halaman

Sulit Memulangkan Lionel Messi

Bursa transfer Januari 2023 akan segera dibuka. Joan Laporta ditanya lagi soal kemungkinan Barcelona memulangkan Lionel Messi dari PSG.

Sayangnya kali ini ia membawa kabar kurang bagus bagi fans Barcelona. Ia mengatakan sekarang ini sangatlah sulit bagi Blaugrana untuk memulangkan Messi.

"Mengenai Messi, kami tidak dapat membangkitkan ekspektasi. Messi adalah pemain PSG dan memiliki kontrak dengan mereka. Ia telah memenangkan Piala Dunia dan Cules sangat bahagia," ucapnya kepada BarcaTV.

“Apa yang tidak ingin saya lakukan adalah menimbulkan ekspektasi yang saat ini sangat sulit. Bagi kami, ia adalah pemain terbaik sepanjang masa, kami memilikinyia di sini dan saya yakin bahwa di dalam hatinya ia adalah seorang Cules dan akan selalu dikaitkan dengan Barca."

"Apakah ia kembali sebagai pemain atau tidak? Saat ini ia berada di PSG dan kami akan sangat senang ia kembali suatu hari nanti, tapi kita lihat saja nanti," tutur Laporta.

Sumber: BarcaTV/EFE

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 24/12/2022)

Video Populer

Foto Populer