Sukses


Saat Bantai Real Betis, Barcelona Turunkan Pemain Berusia 15 Tahun: Sejarah Tercipta di Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Nama Lamine Yamal tercatat dalam sejarah sepak bola Spanyol. Ketika dimainkan pada laga Barcelona vs Real Betis, Lamine Yamal tercatat sebagai debutan paling muda dalam sejarah Barcelona di La Liga.

Barcelona menjamu Real Betis pada pekan ke-32 La Liga, Minggu (30/4/2023) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Barcelona menang dengan skor yang cukup telak yakni 4-0.

Keempat gol pasukan Xavi masing-masing dicetak Andreas Christensen, Robert Lewandowski, Raphinha, dan Guido Rodriguez (bunuh diri).

Tiga dari empat gol Barcelona tercipta pada babak pertama. Kondisi itu membuat Xavi lebih leluasa mengganti pemain pada babak kedua dan memilih memainkan Lamine Yamal.

2 dari 4 halaman

Sejarah Baru Diukir Lamine Yamal

Xavi telah memasukkan Lamine Yamal dalam skuad Barcelona pada beberapa laga terakhir. Namun, jebolan La Masia itu belum mendapat kesempatan bermain. Nah, kesempatan itu datang pada duel lawan Betis.

Tak lama setelah Barcelona mendapatkan gol keempat, Xavi mengubah komposisi pemain. Gavi ditarik keluar. Pemain yang kemudian dimasukkan adalah Lamine Yamal.

Momen ini menjadi sejarah baru bagi Lamine Yamal, Barcelona, dan La Liga. Sebab, Yamal kini tercatat sebagai pemain paling muda yang pernah menjalani debut untuk Barcelona di La Liga. Yamal berusia 15 tahun dan 290 hari.

Menit bermain pemain dengan nomor punggung 41 itu memang tak banyak. Namun, dia memberi impresi yang cukup bagus dengan satu shots on target yang dilepaskan.

3 dari 4 halaman

Daftar Debutan Termuda ke-5 Sepanjang Sejarah La Liga

Lamine Yamal menjadi debutan paling muda Barcelona di La Liga. Yamal lebih muda dibanding Ansu Fati, Gavi, Pedri, hingga Lionel Messi ketika memainkan debut di La Liga. Namun, Yamal bukan berarti debutan termuda di La Liga.

Yamal tercatat sebagai debutan termuda kelima dalam sejarah La Liga. Berikut adalah lima pemain paling muda ketika menjalani debutnya di La Liga:

  1. Luka Romero (15 tahun, 219 hari)
  2. Samson (15 tahun, 255 hari)
  3. Pedro Irastorza (15 tahun, 288 hari)
  4. Oscar Raman (15 tahun, 289 hari)
  5. Lamine Yamal (15 tahun, 290 hari)

Sumber: Opta

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer