Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Punya Pengganti Sergio Busquets, Enggak Perlu Beli Pemain Baru

Bola.com, Jakarta - Barcelona tengah berupaya menjalankan transisi perkembangan skuad semulus mungkin. Xavi harus mulai memproyeksi pemain-pemain muda untuk menggantikan pemain senior, seperti Sergio Busquets.

Transisi itu dapat dilihat dalam kasus Pedri, Gavi, dan Ronald Araujo. Barcelona memiliki pemain-pemain muda yang diproyeksikan jadi pilar tim untuk belasan tahun ke depan.

Persoalannya terletak di lini tengah, tepatnya di posisi gelandang bertahan. Musim lalu, Xavi masih sangat bergantung kepada Sergio Busquets, gelandang senior Barcelona.

Sergio Busquets telah meninggalkan tim beberapa pekan lalu. Ia memilih melanjutkan kariernya di MLS, bermain di Inter Miami dan bereuni dengan Lionel Messi.

Artinya, Xavi harus segera mencari pengganti Sergio Busquets untuk salah satu posisi terpenting dalam skuad Barcelona. Siapa yang bisa?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gabung Inter Miami

Sergio Busquets menghabiskan 15 tahun di Barcelona. Namun, dia memutuskan pergi dari Camp Nou setelah kontraknya berakhir pada akhir musim 2022/2023.

Selama berkostum Blaugrana, Sergio Busquets tercatat memainkan 718 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berusia 34 tahun itu turut menyumbang 18 gol dan 40 assist.

Tidak hanya itu, Sergio Busquets juga tercatat memenangi 32 gelar selama berada di Barcelona. Itu termasuk sembilan gelar juara La Liga dan tiga trofi Liga Champions.

Setelah membela Barcelona, Sergio Busquets sempat mendapatkan tawaran untuk bermain di klub Liga Arab Saudi. Namun, Busquets menolak tawaran tersebut.

Busquets ingin mencoba tantangan baru di Amerika Serikat. Ia menerima tawaran Inter Miami untuk bermain di sana.

3 dari 4 halaman

Pengganti Busquets

Kehilangan Sergio Busquets tentu menjadi PR baru bagi Barcelona dan Xavi, sang pelatih. Posisi gelandang bertahan memang dikenal sangat penting untuk gaya main Barcelona.

Untungnya, Barcelona mungkin tidak perlu pusing mencari pemain baru. Situasi itu juga diamati oleh pelatih Barcelona B, Garcia Pimienta.

Ia sudah punya satu nama pemain muda yang bisa menjadi penerus, yaitu Nico Gonzalez. Ia baru berusia 20 tahun dan baru kembali dari pinjaman ke Valencia.

"Musim lalu, Nico sudah mencoba mendampingi Busquets dan menurut saya dia sudah memenuhi setiap persyaratan. Ia adalah pemain sempurna dan ideal untuk Barcelona," ujar Pimienta.

"Saya sangat percaya pada Nico. Dia berkembang di Barca B bersama saya pada tahun terakhirnya dan saya memastikan dia memahami perannya sebagai pivot di lapangan," lanjutnya.

Sumber: Barca Universal

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 29/6/2023)

4 dari 4 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer