Sukses


    Prediksi Persija Vs Mitra Kukar: Ujian Tidak Ideal Pelatih Baru

    Bola.com, Solo - Duel ujian pelatih anyar tersaji saat Persija Jakarta menjamu Mitra Kukar dalam lanjutan pekan ke-14 Torabika Soccer Champhionship (TSC) presented by IM3 Ooredoo di Stadion Manahan, Solo, Jumat (5/8/2016). Pelatih baru yang menangani kedua tim hanya punya waktu teramat pendek untuk menggeber latihan persiapan.

    Di kubu Persija, Jan Saragih, baru saja ditunjuk sebagai caretaker setelah pelatih kepala Macan Kemayoran, Paulo Camargo, memutuskan mengundurkan diri. Situasi serupa terjadi di Mitra Kukar.

    Jafri Sastra comeback menggantikan Subangkit. Uniknya Jafri sendiri juga baru lengser dari Persipura pasca rentetan hasil buruk yang diderita Tim Mutiara Hitam. Di tim lamanya ia pun baru sehari bertatap muka dengan anak-asuhnya.

    Baik Persija maupun Mitra Kukar tak memiliki modal bagus menyongsong duel ini. Mereka sama-sama sedang terpuruk dan tak pernah menang di tujuh laga terakhir.

    Beban berat tentu berada di pundak kedua pelatih untuk mengangkat performa tim. Hal itu benar-benar dirasakan Jan Saragih, yang minim jam terbang melatih klub di level kompetisi elite.

    Jan Saragih, rasakan tekanan psikologis sebagai pelatih caretakaker Persija. (Bola.com/Romi Syahputra)

    ''Beban pasti ada karena harus mengangkat performa tim. Apalagi ini pengalaman pertama saya sebagai pelatih kepala meski berstatus caretaker. Tapi ini adalah sebuah proses yang harus saya jalani,'' kata Jan Saragih.

    Tantangan pelatih berlisensi B UEFA itu juga pada materi pemain. Maklum, Persija hanya membawa 17 pemain dalam laga nanti malam. Krisis paling kentara berada di sektor belakang setelah dua pemain kunci, Ismed Sofyan dan Willian Pacecho absen lantaran cedera dan akumulasi kartu.

    Praktis, hanya Gunawan Dwi Cahyo, Maman Abdurahman, dan rising star Andik Rendika Rama jadi tumpuan benteng skuat ibu kota.Namun, Jan Saragih meyakinkan diri jika pasukan Persija tengah dalam motivasi tinggi untuk meraih tiga poin.

    Dirinya memastikan, Bambang Pamungkas dkk. akan bermain all-out di laga nanti. Nasib Persija sementara berada di tangan Jan Saragih.

    Kelompok suporter The Jakmania tentu berharap sentuhan ajaib pelatih 30 itu mampu membawa perubahan atau minimal menuntaskan dahaga kemenangan saat melawan Tim Naga Mekes. ''Seluruh pemain yang ada di Solo siap ditampilkan. Mereka bertekad memberikan segala kemampuan dan dedikasi untuk meraih kemenangan,'' ujar Jan Saragih.

    2 dari 2 halaman

    Naga Mekes Tanpa Rintangan

    Sementara itu, rasa optimistis meliputi tim Mitra Kukar. Kembalinya sosok Jafri Sastra ke pangkuan tim kebanggaan publik Tengarong jadi angin segar.

    Bayang-bayang romantisme saat menggenggam gelar juara Piala Jenderal Sudirman (PJS) kembali dirasakan Bayu Pradana dkk.

    Tak cukup sampai di situ, pasukan Naga Mekes punya cerita manis saat menghempaskan Persija, 3-1 di Stadion Manahan  saa babak 8 Besar di ajang PJS lalu.

    ''Kami ingin bangkit dari keterpurukan. Tekad itu diusung bersama-sama oleh seluruh elemen tim baik manajemen, pelatih, hingga pemain. Walau hanya punya sehari bersua pemain, saya punya keyakinan kami akan bisa merepotkan Persija atau bahkan meraih hasil positif menghadapi mereka,'' tegas Jafri Sastra.

    Jafri Sastra memimpin latihan Mitra Kukar di Stadion Manahan, Solo menjelang laga kontra Persija Jakarta, Kamis (4/8/2016). (Bola.com/Romi Syahputra)

    Berbeda dengan kondisi Persija, skuat Mitra Kukar dibilang nyaris tanpa masalah di semua lini. Hanya kondisi striker Marlon Da Silva yang masih dipantau karena mengalami cedera engkel saat sesi latihan.

    Akan tetapi diprediksi sang pemain bakal tetap turun ke lapangan, karena kondisinya tidaklah parah.

    Apalagi meski bermain di kandang lawan, kemungkinan tak akan banyak mendapatkan teror dari suporter lawan karena laga tak dihelatMitra Kukar di Jakarta. "Bermain di manapun kalau kemenangan berpihak kepada kita pasti bisa diraih. Saya yakin akan hal itu," ucap pelatih asal Payakumbuh, Sumatra Barat itu.

    Perkiraan Susunan Pemain:

    Persija (4-3-3): Andritani Ardhiyasa (Kiper); Gunawan Dwi Cahyo, Maman Abdurahman, Andik Rendika Rama (Belakang); Ade Jantra, Hon Son-hak, Novri Setiawan, Amarzukih (Tengah); Ambrizal Umanailo, Bambang Pamungkas, Ramdani Lestaluhu (Depan)

    Pelatih: Ade Jantra

    Mitra Kukar (4-2-3-1): Shahar Ginanjar (Kiper); Abdul Gamal, Arthur Cuna, Syahrizal, Michael Orah (Belakang); Bayu Pradana, Asri Akbar, Alan Leandro, Rodrigo Ost, Septian David Maulana (Tengah); Marlon Da Silva (Depan)

    Pelatih: Jafri Sastra

     

    Video Populer

    Foto Populer