Sukses


    Jan Saragih Ingin Pemain Asing Persija Mampu Bermain Serbabisa

    Bola.com, Jakarta - Dua pemain asing yang sedang mengikuti seleksi di Persija Jakarta, yakni Alan Junior dan Hector Zaghi, diminta pelatih Jan Saragih untuk bisa mengikuti prinsip permainan yang dikembangkan tim Macan Kemayoran. Selain itu, Jan juga ingin semua pemain asingnya siap jika harus ditempatkan bukan pada posisi aslinya.

    "Saya sudah berbicara dengan keduanya tentang gaya saya melatih. Mereka sudah mengerti dengan pola permainan yang saya inginkan dan mengerti metode statistik saya," ujar Jan Saragih di Lapangan Yon Zikon 14, Jakarta, Senin (8/8/2016).

    Sejauh ini Jan cukup senang dengan pemain asing asal Brasil itu. Pelatih yang menggantikan posisi Paulo Camargo yang mundur ini menambahkan bila kedua pemain tersebut juga senang dengan pola latihan dan permainan yang digunakannya di Persija.

    Meski demikian, Jan ingin pemain asing paham dengan posisi bermain karena ada kemungkinan pemain berganti posisi dengan tidak ditempatkan pada posisi aslinya. Kebijakan itu mengacu dengan kebutuhan tim, terutama saat tim mengalami kekurangan pemain akibat cedera atau hal lain.

    Alan dan Hector berposisi sebagai penyerang, namun juga fasih bermain sebagai gelandang serang. Akan tetapi, sesuai kebutuhan, bila deal dengan Persija, keduanya ditempatkan di posisi lain sesuai kebutuhan tim. Hal tersebut dilakukan Jan saat menempatkan Hong Soon-hak, yang notabene gelandang, menjadi pemain bertahan.

    "Pemain asing harus siap di posisi apapun yang saya tempatkan dan paham pola permainan sepak bola. Hong bermain bagus sebagai bek tengah karena ia paham dengan pola permainan. Kami tidak perlu mengajarkan kembali prinsip permainan karena itu dasar bagi pesepak bola," tandas Jan.

    Rencananya Persija akan terus menyeleksi kedua pemain asing tersebut hingga putaran pertama Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo berakhir. Nantinya salah satu dari mereka akan direkrut manajemen Macan Kemayoran untuk memenuhi kuota pemain asing di Persija. Kedua pemain itu diproyeksikan menggantikan posisi penyerang yang ditinggalkan Jose Adolfo Guerra selepas cedera lutut parah.

     

     

    Video Populer

    Foto Populer